get app
inews
Aa Read Next : Ngeri! Korban Banjir Lahar Dingin Semeru Mulai Berjatuhan, Tiga Warga Ditemukan Tewas

BPBD Izinkan Warga Balik Rumah, Ini Syaratnya, Cek Bangunan dan Laporkan Segera

Sabtu, 01 Juli 2023 | 11:50 WIB
header img
BPBD Izinkan Warga Balik Rumah, namun mereka diminta untuk mengecek Bangunan dan melaporkan kondisi rumah. Foto iNewsSurabaya/Okezone

YOGYAKARTA, iNewsSurabaya.id - Gempa Yogyakarta membuat kabar mengejutkan. Warga diminta untuk melakukan kroscek bangunan sebelum kembali ke rumah masing-masing, karena kondisi bangunan sangat berpengaruh terhadap gempa yang melanda.  

Sebagai mana diketahui, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul mencatat ada 35 kerusakan akibat gempa berkekuatan M6,0 yang terjadi pada Jumat (30/06/2023) kemarin. Sedangkan gempa juga menyebabkan 6 orang luka ringan dan 1 meninggal dunia.

Kepala BPBD Bantul, Agus Yuli Herwanta mengatakan, kerusakan tersebut tersebar di 12 titik di Kapanewon. Adapun rinciannya, kerusakan terjadi di kapanewon Bambanglipuro 1 titik lokasi, 2 di Kapanewon Dlingo, 3 di Kapanewon Imogiri, 1 di Kapanewon Jetis, 2 di Kapanewon Kasihan, 5 di Kapanewon Kretek, 1 di Kapanewon Pandak, 1 di Kapanewon Pajangan. 

Kemudian 1 di Kapanewon Piyungan, 1 di Kapanewon Pleret 3 di Kapanewon Pundong, dan terbanyak yakni 14 rumah rumah di Kapanewon Sanden. 

"Kejadian gempa bumi tersebut menyebabkan jatuhnya korban jiwa, 1 meninggal dunia disebabkan oleh serangan jantung saat terjadinya gempa bumi dan 6 orang lainnya luka ringan," kata Agus dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (01/07/2023).

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut