get app
inews
Aa Read Next : Lapas dan Rutan Terbaik Indonesia Ternyata Ada di Jawa Timur, Mana Saja?

Mengenal Patung yang Tegak Berdiri di Kota Surabaya, Ini Sosok dan Perannya di Jawa Timur

Minggu, 09 Juli 2023 | 11:09 WIB
header img
Mengenal Patung Soerjo yang Tegak Berdiri di Kota Surabaya. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pojok Kota Surabaya banyak di temukan patung-patung yang berdiri tegak. Tak semua tahu, siapa patung tersebut. Ternyata patung yang berdiri tegak itu merupakan sosok penting berdirinya Provinsi Jawa Timur

Sosok ini bernama Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo, pria kelahiran Magetan pada 9 Juli 1895 itu tumbuh di tengah keluarga yang berkecukupan, dikarenakan sang ayah, Raden Mas Wiryosumarto bekerja sebagai Ajun Jaksa di Magetan, Jawa Timur.

Sejak kecil, Soerjo mengenyam pendidikan Tweede Inlandsche School di Magetan, Hollandsch Inlandsche School (HIS), serta Opleidings School Voor Inlandsche Ambteraar (OSVIA).

Jiwa pemimpinnya tumbuh, saat dirinya merantau ke Madiun bersama pamannya, Raden Ronggo Kusnodiningrat. Selepas lulus dari OSVIA pada 1918, Soerjo menjajaki dunia kerja sebagai Gediplomeerd Asisstandlansche Bestuur Ambtenaar di Ngawi. Soerjo juga sempat jadi Wedana di Ngawi setahun setelahnya.

Pendidikan polisi juga sempat didapatnya di Veld Politie School di Sukabumi, Jawa Barat. Soerjo juga menyambung keturunannya bersama Raden Ajoe Siti Moettopeni yang melahirkan buah hatinya, Raden Adjeng Siti Soeprapti.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut