get app
inews
Aa Read Next : Bertemu Dubes Inggris, Gubernur Khofifah Bahas Proyek Kereta Api di Surabaya

MPLS Serentak Jenjang SMA Sederajat Jatim Pecahkan Rekor MURI

Senin, 17 Juli 2023 | 17:40 WIB
header img
Pemprov Jatim menjadi pemecah rekor sebagai Pemrakarsa dan Penyelenggara MPLS Jenjang SMA, SMK, dan SLB serentak dengan peserta sekolah terbanyak. Foto/Lukman

Gubernur Khofifah menambahkan saat ini AI memang tengah berkembang pesat. Banyak yang terkesima dengan kecanggihan AI. Namun di saming itu dunia juga akan segera memasuki era Metaverse.

“Untuk itu kita juga harus mulai mengenali metaverse. Kita harus bisa beradaptasi dengan percepatan ekosistem digital,” ujarnya. 

Selain itu, dalam Apel Pembukaan MPLS serentak ini Gubernur Khofifah juga memimpin penanaman pohon serentak. Setiap sekolah menanam  2 pohon sehingga total pohon yang ditanam serentak sebanyak 8.736 pohon. Dua pohon yang ditanam oleh Gubernur Khofifah di SMKN 5 Surabaya berjenis Alpukat Aligator dan Mangga Gadung.

Tidak hanya itu, dilaksanakan pula pemberian santunan kepada anak yatim secara serentak. Setiap sekolah menyantuni 10 anak yatim dengan total keseluruhan sebanyak 23.449 anak yatim. 

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Aries Agung Paewai mengatakan ada beberapa sekolah yang sudah lebih dulu melaksanakan MPLS, ada juga yang belum. 

“Terutama sekolah swasta. Ada yang masih proses menerima peserta didik baru sehingga hari ini belum melaksanakan MPLS. Ada juga yang penerimaannya sudah lebih dulu dan melaksanakan MPLS lebih dulu,” jelasnya.

Aries menambahkan sebagai sarana kontrol pelaksanaan MPLS, setiap sekolah diharuskan melaporkan kegiatan MPLS setiap harinya kepada Cabang Dinas di setiap kabupaten/kota.

“Jadi apapun hasilnya, sekolah harus mengupdate setiap hari, melaporkan melalui cabang dinas kita di tiap kabupaten/kota. Bila ada pelanggaran (terjadi kekerasan dan perundungan) akan kita tindak sekolahnya,” tegas Aries. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut