get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Kenalkan Sekolah Sambil Tanam Pohon, Kepala Dindik Jatim Tekankan Pendidikan Karakter Bagi Siswa

Selasa, 18 Juli 2023 | 16:33 WIB
header img
SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur di Kota Malang menjadi salah satu sekolah yang cukup diminati orang tua siswa. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur di Kota Malang menjadi salah satu sekolah yang cukup diminati orang tua siswa. Ketertarikan orang tua siswa ini karena sistem pendidikan ketarunaan.

Sekolah milik Pemprov Jatim tersebut bekerjasama dengan TNI AL (Angkatan Laut) untuk membentuk siswa agar lebih berkarakter. Di situ, siswa akan mendapatkan pendidikan seputar kedisiplinan ataupun etika.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur, Aries Agung Paewai mengatakan, SMA Taruna Nala Jatim memberikan edukasi dalam bentuk performance, baik itu disiplin atau etika. Pola tersebut, menurutnya saat ini dicari oleh orang tua.

"Itu memang pendidikan yang sekarang dicari oleh berbagai orang tua yang menginginkan anaknya berubah, baik dalam pola tingkah laku, etitude, dan disiplin. Maka, alternatif itulah yang diinisiasi oleh Pemprov Jatim," ujar Aries, Selasa (18/7/2023).

Kendati berkolaborasi dengan institusi TNI dan Polri, namun Aries menegaskan jika pola pendidikan di SMAN Taruna bukanlah militerisasi. Namun, pendidikan yang mengubah pola sikap dan perilaku disiplin para siswa.

"Kita berharap pola pendidikan ini mendasari siswa sebelum ke jenjang lebih tinggi. Dengan bekal karakter dan kedisiplinan kita berharap mereka bisa berkembang ke jenjang yang lebih tinggi sesuai pilihannya". Jelasnya

Oleh sebab itu, lanjut aries, ternyata lulusan SMAN Taruna Nala banyak yang menuai kesuksesan. Bahkan, 90 persen lulusan tidak ada yang tidak melanjutkan ke pendidikan selanjutnya.

"Inilah wujud pendidikan yang mereka dapatkan di SMA Taruna. Maka kita apresiasi dari keinginan orang tua yang ingin mewujudkan anaknya mendapatkan pola pendidikan yang sangat integratif dan kolaboratif seperti yang diterapkan di SMA Taruna ini," tuturnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut