get app
inews
Aa Read Next : Kemenkumham Apresiasi Pemprov Jatim dalam Pelayanan Publik Berbasis HAM

Harga Sembako Stabil, Khofifah Pastikan Inflasi di Jatim Terkendali

Selasa, 25 Juli 2023 | 10:33 WIB
header img
Gubernur Khofifah mendampingi Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi meninjau harga sembako di Pasar Bululawang, Kabupaten Malang, Senin (24/7/2023). Foto/Lukman

MALANG, iNewsSurabaya.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mendampingi  Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi meninjau harga sembako di Pasar Bululawang, Kabupaten Malang, Senin (24/7/2023).

Salah satu komoditas yang menjadi perhatian adalah daging ayam dan bawang merah. Di Pasar tersebut, harga daging ayam dalam posisi stabil  sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) di harga Rp34.000 per kilogram (kg) dan harga bawang merah Rp26.000 per kg. 

“Alhamdulillah tidak ada kenaikan harga sembako di sini. Dengan menjaga stabilitas harga sembako dan memastikan daya beli masyarakat bisa menjangkaunya, kami berharap bisa menjaga inflasi tetap terkendali di Jatim,” katanya. 

Khofifah menegaskan, Pemprov bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Jatim terus berkomitmen untuk terus mengendalikan angka inflasi.

"Bersama TPID Jatim, kami akan selalu berupaya menjaga inflasi di Jatim ini terkendali," imbuh Khofifah.

Selain meninjau harga pangan di Pasar Bululawang,  Presiden Jokowi  juga mengunjungi Pasar Rakyat di Lapangan  Rampal  Kota Malang yang digelar oleh Kementerian BUMN.

Melalui pasar rakyat ini, Kementerian BUMN menyalurkan 3000 paket sembako kepada masyarakat. Mereka adalah para nasabah PT Permodalan Nasional Madani (PNM). 

“Ini adalah sinergitas yang sangat baik. Bagaimana Kementerian BUMN bersama dengan Pemprov Jatim dan Pemda Malang Raya saling berkolaborasi untuk memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi,” kata Khofifah.

Melalui sinergitas ini, Khofifah berharap keberadaan pasar murah bisa lebih masif dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat, terutama masyarakat kurang mampu. Terlebih saat ini Indonesia tengah bersiap menghadapi El Nino. 

“Dikhawatirkan El Nino nanti akan berpengaruh pula pada ketahanan pangan. Untuk itu, kita ingin melakukan penguatan dengan menggencarkan pasar murah dan memberikan bantuan sembako,” ungkapnya. 

Sementara itu, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa peninjauan yang dilakukan di Pasar Bululawang bertujuan untuk mengecek harga bahan pangan. Ia juga mengapresiasi harga bahan pangan dalam kondisi yang stabil.

"Saya melihat harga-harga di sini sangat bagus. Daging ayam harganya Rp 34 ribu, bawang merah juga di harga Rp26.000, murah sekali di sini," ujar Jokowi. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut