get app
inews
Aa Read Next : Publik Pertanyakan Komitmen Pengesahan RUU Perampasan Aset, Ada Apa?

Pentolan Dewa Ahmad Dhani Tak Masuk 5 Besar Caleg DPR RI Potensial, Cucu Bung Karno Aman

Sabtu, 29 Juli 2023 | 11:38 WIB
header img
Pentolan Dewa 19 Ahmad Dhani Tak Masuk 5 Besar Caleg DPR RI Potensial, justru Cucu Bung Karno Aman di lima besar. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Calon Legislatif (Caleg) DPR RI mulai diketahui apakah di sukai atau tidak di Surabaya-Sidoarjo. Dari caleg-caleg yang bersaing, Pentolan Dewa-19, Ahmad Dhani tak masuk hitungan 5 besar, justru Cucu Bung Karno, Puti Guntur Soekarno aman duduk di peringkat lima. 

Fakta ini diketahui dari hasil Lembaga Survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) yang merilis hasil survei terbarunya. Untuk calon legislatif atau Caleg DPR RI Dapil Jatim 1, ada 5 nama tokoh potensial yang muncul dengan jumlah yang menyukai sebanyak 5 persen. 

Direktur Eksekutif ARCI, Baihaki Sirajt mengatakan lima nama caleg DPR RI yang disukai masyarakat adalah kelima nama tersebut adalah Bambang DH, Saikhul Islam, Bambang Haryo Soekartono (BHS), Adies Kadir dan Puti Guntur Soekarno.

Secara presentasi, Bambang DH mendapatkan 8,7 %, disusul oleh Saikhul Islam 8,4%. Kemudian BHS 8,03%, Adies Kadir 5,8 % dan Puti Guntur Soekarno 5,1%. 

"Berdasarkan hasil survei kami yang di atas 5 persen ada 5 tokoh. Sisanya berada di bawah 5 persen semua," ujarnya.

Jika melihat jumlah kursi di Dapil Jatim 1 Surabaya dan Sidoarjo, ujarnya, lima nama tersebut memiliki potensi besar untuk bisa melenggang ke kursi Senayan. Tingginya hasil survei lima nama itu tidak lepas dari kiprahnya di masyarakat. 

"Rata-rata karena sering turun, sering menyapa. Baik yang saat ini menjabat ataupun yang tidak menjabat," jelasnya. 

Saat ini, ungkap Baihaki, dari lima nama tersebut, Bambang DH merupakan anggota DPR RI dari PDIP, Syaikul Islam saat ini juga anggota DPR RI dari PKB.


Pentolan Dewa 19 Ahmad Dhani Tak Masuk 5 Besar Caleg DPR RI Potensial, justru Cucu Bung Karno Aman di lima besar. Foto iNewsSurabaya/ist

Sedang Bambang Haryo Soekartono ( BHS) pernah menjabat anggota DPR RI dari Gerindra dan pernah maju sebagai Calon Bupati Sidoarjo. Disusul dengan Adies Kadir saat ini juga anggota DPR RI dari Golkar dan Putih Guntur anggota DPR RI dari PDIP. 

Survei ARCI ini dilakukan 4 Juli hingga 15 Juli 2023 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampelnya sebanyak 1.250 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Berikut Presentasi Nama Caleg DPR RI Dapil Jatim I versi ARCI :

1. Saikhul Islam 8,4 %
2. Arzeti 2,1 %
3. Bambang Haryo Soekartono ( BHS ) 8,03 % 
4. Rahmad Muhajirin 3,9 % 
5. Ahmad Dhani 3,5 % 
6. Bambang DH 8,7 % 
7. Puti Guntur 5,1 % 
8. Indah Kurnia 2,8 %
9. Adies Kadir 5,8 %
10. Lita Machfud Arifin 3,8 %
11.Ipong Muhlisoni 2,9 %
12. M.Sholeh 1,7 %
13. Sigit Susiantomo 2,6 %
14. Reni Astuti 2,8 %
15. Sungkono 3,9%
16. Taufiqul Bar 0,2%
17.Lucy Kurniasari 3,8 %
18. Ali Afandi 1,7 % 
19. Tidak Menjawab 28,2 % . 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut