get app
inews
Aa Read Next : Heppiii Community Kediri Gelar Ramadhan dengan Aksi Nyata dan Kreatif

Bareng Mahasiswa Asing, Mahasiswa UKWMS Ngabdi ke Warga Sekitar Puhsarang Kediri

Selasa, 01 Agustus 2023 | 12:23 WIB
header img
Para peserta CED melakukan kerja bakti bersih-bersih sekolah hingga membuat Mural. Foto/Istimewa

KEDIRI, iNewsSurabaya.id - Mahasiswa Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) bersama mahasiswa asing mengabdi ke masyarakat sekitar Puhsarang, Kediri, Jawa Timur.

Mereka berkolaborasi menularkan keilmuannya untuk mengangkat derajat ekonomi warga, termasuk pelaku UMKM di Puhsarang agar bisa mengembangkan usahanya.

Ada 5 mahasiswa dan 1 dosen berasal dari University of the Immaculate Conception (UIC) Philippines, 2 mahasiswa asal Tunku Abdul Rahman – University of Management and Technology (TAR UMT) Malaysia, serta 21 mahasiswa UKWMS yang terlibat.

Program dengan tagline Globally Connected, Locally Engaged, program Community Engagement for Development (CED) 2023 tersebut mengusung tema “Cultural Immersion Aimed of Promoting Economic Growth Through Product Development and Digital Marketing".

Event Manager CED 2023, Deatri Arumsari Agung mengatakan selama di Puhsarang Kediri, mahasiswa melakukan pendampingan kepada UMKM. Mahasiswa memberikan panduan yang beragam dalam Service Learning Program. Mulai membuat video pendek untuk promosi, mengedit foto produk, menggunakan sosial media, memperkenalkan sistem Ads, paid promo, pengembangan produk, penggunaan marketplace dan lainnya.

"Proyek kali ini para peserta berkolaborasi dengan pelaku UMKM di Puhsarang dalam mengembangkan usahanya, agar semakin dikenal masyarakat luas," terangnya melalui siaran pers, Selasa (01/8/2023).

Pada kesempatan lain, para peserta CED bergabung dalam dua proyek sekolah di TKK dan SDK Santo Yohanes Gabriel Puhsarang. Dilaksanakan pada Sabtu (22/7) lalu, siswa TKK, kelas 1, 2, dan 3 diajak melakukan permainan edukasi. Mulai belajar mengenal angka, kata benda, anggota tubuh dalam Bahasa Inggris. 

Sedangkan bagi siswa kelas 4, 5, hingga 6 diajak berkrease membuat kerajinan tangan berupa celengan dari botol plastik bekas, dan gelang dari manik-manik untuk orang terkasih dan diri sendiri. 

Harapannya setelah kegiatan ini, mereka dapat mengembangkan kreatifitas dan berwirausaha sejak dini, dengan menitipkan kerajinan tangannya ke UMKM di sekitar Puhsarang. 

Selain itu, pada Minggu (23/7) lalu, para peserta CED melakukan kerja bakti bersih-bersih sekolah hingga membuat Mural. 

Dosen pendamping proyek sekolah, Gesti Memarista berharap baik siswa atau mahasiswa bisa mengambil manfaat dari seluruh rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan.

“Melalui serangkaian permainan edukasi dan membuat prakarya, kami ingin para siswa belajar konsep menabung sejak dini dan berpikir kreatif.Dan mengenalkan kepada mahasiswa asing akan konsep kerja bakti dan gotong royong, kesenian gamelan, serta para peserta CED dapat mengaplikasikan keilmuannya,” jelas Gesti.

Sebelumnya, kegiatan CED telah dibuka pada Kamis (20/7) lalu di UKWMS Kampus Dinoyo. Selama proyek di Puhsarang sejak Jumat (21/7), para peserta CED turut berbaur dengan masyarakat. Bukan tinggal di hotel, tetapi mereka tinggal di rumah-rumah warga atau live in. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut