get app
inews
Aa Read Next : Taruna AAL Korps Marinir Berlatih Tempur Kavaleri

Puluhan Kavaleri Korps Marinir Mendarat di Pantai Banongan

Selasa, 01 Agustus 2023 | 13:37 WIB
header img
Prajurit pengawak materiel tempur unsur Kavaleri Korps Marinir TNI AL mendarat di pantai pendaratan, Pantai Banongan Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (01/8/2023). Foto/Serka Mar A. Munawir/Resimen Kavaleri 2 Marinir

SITUBONDO, iNewsSurabaya.id - Puluhan Alutsista materiel tempur unsur Kavaleri Korps Marinir TNI AL mendarat di pantai pendaratan, Pantai Banongan Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (01/8/2023). Pendaratan tersebut merupakan rangkaian dari Latihan Gabungan atau Latgab TNI Tahun 2023 hari “H” jam “J”.

Latihan diawali dengan pelaksanaan operasi udara serangan strategis oleh 2 Pesawat F-16 Macan Terbang dari Skadron Udara 14 Lanud Iswahyudi. 

Setelah pelaksanaan BTU maka KRI-KRI jajaran Kogasgabfib di bawah Komando Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah melaksanakan bantuan tembakan kapal terjadwal, dengan sasaran disimulasikan sebagai meriam pantai serta kekuatan musuh yang berada di daerah serbuan amfibi guna meminimalisir gangguan saat pasukan pendarat Marinir melaksanakan pendaratan di pantai.
 
Mendarat dengan heroik dan menegangkan di pantai, secara bergelombang Kavaleri Korp Marinir dari jajaran Menkav 2 Mar mendaratkan Tank BMP 3F dan Tank PT 76M menggemuruhkan dengan ledakan canon 100 mm dan canon 30 mm untuk memberikan bantuan tembakan. 
 
Dilanjutkan mendarat gelombang ke dua kendaraan LVT 7A1 dan BTR 50 PM mendaratkan pasukan Infanteri. Gelombang ke tiga Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri Kapa K61 mendaratkan meriam Howitzer 105 mm untuk memberikan tembakan penyokong dari pantai pendaratan kesasaran.

”Latihan gabungan TNI ini bertujuan meningkatkan profesionalisme prajurit Korps Marinir TNI AL dalam operasi pendaratan amfibi, khususnya prajurit pengawak material tempur Kavaleri,” tegas Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir (Danmenkav 2 Mar) Kolonel Marinir Muhammad Rizal.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut