get app
inews
Aa Read Next : Madura Ethnic Carnival Bakal Digelar Kembali, Catat Ini Tanggalnya

Festival Cipta Lagu Musik Tong-tong, Cara Pemkab Sumenep Lestarikan Budaya Lokal

Jum'at, 04 Agustus 2023 | 13:37 WIB
header img
Festival lomba musik tong-tong yang akan digelar mulai malam 4 Agustus hingga 5 Agustus 2023 itu akan diikuti 18 peserta grup. Foto/Lukman

SUMENEP, iNewsSurabaya.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar menggelar Festival cipta lagu Musik Tong-tong dengan menggandeng Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI).

Kegiatan yang memperebutkan Piala Bupati 2023 itu diharapkan bisa meningkatkan  kebanggaan warga Madura terhadap budaya lokal atau ‘Local Pride Madura’. 

“Pada festival tersebut, peserta grup diwajibkan untuk mempersiapkan lagu ciptaan sendiri bernuansa Wisata, Seni budaya, dan kuliner sumenep, “ kata ketua FKPPI Sumenep Edi Susanto, Jumat (4/8/2023).

Dia mengatakan, pulau Madura memang kaya dengan beragam budaya, tradisi dan kearifan lokal, termasuk musik. Kekayaan budaya itu harus tetap dilestarikan dan dijaga agar bisa diwariskan kepada generasi selanjutnya. 
“Salah satu musik lokal yang terkenal di kalangan masyarakat Madura adalah musik tong tong, “jelasnya.

Cak edi sapaan akrabnya menjelaskan, festival lomba musik tong-tong yang akan digelar mulai malam 4 Agustus hingga 5 Agustus 2023 itu akan diikuti 18 peserta grup. 

Kegiatannya digelar di Lapangan Kesenian (LKS) Sumenep, tepatnya di jalan gotong royong atau depan kantor Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbuporapar) Kabupaten Sumenep. 

“Sementara untuk Puncak Acara akan digelar pada tgl 19 Agustus 2023, tepatnya pada pagelaran Event ‘Madura Culture Festival’ bertempat di Stadion A. Yani Sumenep,“ imbuhnya.

Festival Musik Tong-Tong tahun ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, peserta grup diberikan tantangan untuk menciptakan lagu sendiri dengan nuansa wisata, Seni budaya dan kuliner sumenep. 

Untuk hadiah, panitia menyiapkan total hadiah sebesar Rp 10 juta sepuluh juta rupiah. Piagam + Piala Penyaji Terbaik ada 5. Diantaranya, Piagam Juara Umum 1, Piagam Juara Favorite 1. 

“Yang paling banyak mendapatkan Penyaji, itu Juara umum. Dan Hasil akumulasi tiket Pooling terbanyak akan ditetapkan sebagai Juara Favorit," papar Edi.

Dia menambahkan, tiket pooling penonton sebanyak 5.000 orang untuk melihat sejauh mana dukungan supporter masing-masing Group Musik Tong-tong Sumenep. 

"Hasil Pengumuman 5 penyaji (juara) akan disampaikan saat akhir penampilan semua peserta di malam minggu tanggal 5 Agustus 2023," imbuhnya

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut