get app
inews
Aa Read Next : Kajian Spesial, Komunitas Titik Balik Hadirkan Ustadz Taqy Malik

Belajar Dulu atau Nunggu Hidayah Dulu ? Ini Hasil Kajian Komunitas Titik Balik Bersama Ustadz Naruto

Sabtu, 05 Agustus 2023 | 23:58 WIB
header img
Ustadz Marzuki Imron atau yang akrab disapa sebagai Ustadz Naruto, berbagi wawasan mendalam dengan topik "Belajar dulu atau Nunggu Hidayah Dulu" bersama Komunitas Titik Balik. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Belajar Dulu atau Nunggu Hidayah Dulu? menjadi kajian menarik dalam diskusi yang digelar Komunitas Titik Balik bersama Ustadz Marzuki Imron atau yang akrab disapa Ustadz Naruto.

Kajian yang dikemas dengan diskusi ringan dan diikuti oleh puluhan orang dari berbagai latar belakang tersebut digelar di Bober Cafe, Jl. Jemursari Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (05/7/2023). 

Ditanya "Belajar Dulu atau Nunggu Hidayah Dulu?" Ustadz Naruto menuturkan bahwa hidayah datang bukan tanpa sebab. Hidayah datangnya dari Allah SWT, hak prerogatif atau hak istimewa Allah.

Ia menggambarkan, jika dibaratkan rezeki, maka tidak serta merta seseorang ketiban rezeki tanpa ada usaha. Agar mendapatkan hasil maka harus ada usaha terlebih dulu.

"Tidak mungkin serta merta orang itu bisa mendapatkan hasil kalau dia tidak usaha. Hidayah itu harus ada usaha dulu. Mau usahanya 10 atau 100 itu Allah SWT akan sangat menghargai," tuturnya.

"Jika ditanya Hidayah Dulu atau Belajar Dulu? Jawabannya sambil belajar nanti hidayahnya akan datang. Paham atau tidak paham yang penting belajar. Nanti itu urusannya Allah SWT orang dapat hidayah," lanjutnya.

Marzuki Imron menjelaskan, tidak ada batasan dan syarat tertentu bagi orang yang ingin belajar. Sehingga seberat apapun dosa yang diperbuat, yang penting tetap belajar.

Misal, bagi seseorang yang awalnya tidak melaksanakan Salat dan ada kemauan untuk Salat, meski tidak 5 waktu itu sudah lebih baik. Maka pelan-pelan akan tertib 5 waktu Salat.

"Karena jika seseorang sudah Salat nantinya dia akan merasa rugi jika hendak melakukan hal-hal yang menyebabkan dosa," kata dia.

“Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar.” (QS. Al 'Ankabut: 45). 

"Jadi gak perlu nunggu hidayah. Yang penting usaha dulu, belajar dulu, nanti hidayah datang belakang. Kalau nunggu hidayah nanti gak belajar-belajar. Maka saya selalu bilang, kalaupun belum bisa meninggalkan kemaksiatan yang penting tetap Salat, tetap ngaji, tetap belajar, nanti hidayah itu datang," terangnya.

Salat, kata dia seperti charger. Kalau gak Salat terus nakal, maka nakalnya malah kemana-mana, tetapi jika tetap Salat, maka chargernya tetap ngecas. Meskipun nakal tetap ada iman meskipun sedikit, karena tetap Salat.

Bagi perempuan, Ustadz Naruto menuturkan jika hendak berhijab maka langsung saja mengenakannya. Berhijab merupakan kewajiban kaum hawa. Jika berhijab menunggu datangnya hidayah, dikawatirkan ajal menjemput dulu.

"Yang penting hijab dulu biar nanti sama Allah SWT hidayahnya diturunkan belakangan," ucapnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut