get app
inews
Aa Read Next : Naik Gerobak Sapi, Ganjar Diarak Ratusan Ribu Warga Keliling Solo Tempat Lahir Gibran

Siapakah Capres Pilihan Warga NU Jawa Timur?

Senin, 14 Agustus 2023 | 14:58 WIB
header img
Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Sudah menjadi tradisi. Jelang pemilihan umum lembaga-lembaga survei gencar merilis hasil temuan di lapangan. Lembaga survei adu data tentang siapa calon yang disukai oleh masyarakat.

Menariknya, dari sekian lembaga survei, mengungkap temuan yang berbeda. Di Jawa Timur sendiri, baru-baru ini terdapat dua lembaga survei yang membeber hasil temuannya. Yakni Surabaya Survey Center (SSC) dan Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI).

Survei SSC ini dilaksanakan dari tanggal 25 Juli - 03 Agustus 2023 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Sedangkan survei ARCI dilakukan pada 25 April-4 Mei 2023. Keduanya sama-sama melakukan jajak pendapat kepada tiga capres pilihan warga NU di jatim. Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Hasilnya survei keduanya pun berbeda. Survei SSC menempatkan Ganjar Pranowo menjadi Calon Presiden (Capres) yang paling dipilih oleh kalangan pemilih Nahdliyin di Jawa Timur. 

Sedangkan ARCI menemukan bahwa Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi di Jawa Timur saat survei simulasi yang memunculkan 3 nama calon tersebut.

Direktur Riset SSC, Edy Marzuki mengungkapkan, bila disimulasikan menjadi 3 Capres yakni Ganjar, Prabowo, dan Anies, dari kalangan Nahdliyin Jawa Timur nama Ganjar Pranowo bertengger di posisi puncak dengan perolehan 42.4%. 

"Sementara untuk Prabowo Subianto memeroleh 37.1%, diikuti Anies Baswedan dengan perolehan 13.1%", terang Edy.

Meskipun demikian, Edy menegaskan jika potensi suara pada kelompok demografi ini juga masih terbuka. 

“Paling tidak masih ada 7.4% responden dari seluruh responden yang diteliti yang memilih tidak menjawab atau tidak tahu. Tentunya, potensi ini bisa menjadi perolehan suara relatif besar bagi siapapun yang bisa menggarapnya menjadi suara riil pada pemilu 2024 ke depan," imbuhnya.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 25 Juli - 03 Agustus 2023 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. 

Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.

Sementara itu, Direktur ARCI Baihaki Siradj pada Rabu (10/5/2023) mengungkapkan, jika disimulasikan maka 3 nama calon, elektabilitas Prabowo di Jatim 29,7%. Kemudian Ganjar Pranowo sebesar 28,5%, dan Anies Baswedan sebesar 15,2%.

Baihaki mengungkapkan mengapa elektabilitas Prabowo saat simulasi 3 calon tertinggi. Dirinya menyebut, suara Prabowo merata di beberapa sektor pemilih. Salah satunya dari pemilih Nahdliyin, Prabowo menjadi figur capres yang banyak dipilih oleh warga Nahdliyin di Jatim yakni 31,06% unggul atas Ganjar sebesar 30,01%, dan Anies Baswedan sebesar 18,4%.

"Dari data tersebut, masih ada 20,5% responden Nahdliyin yang belum menentukan pilihan. Jadi di kalangan Nahdliyin, nama Prabowo ini banyak yang memilih," kata Baihaki.

Survei ARCI dilakukan pada 25 April-4 Mei 2023. Survei dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.249 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota di Jatim, dengan margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut