get app
inews
Aa Read Next : Bertemu Dubes Inggris, Gubernur Khofifah Bahas Proyek Kereta Api di Surabaya

Filosofi Maskot Kebanggaan Jawa Timur dalam Gelaran Pekan Olahraga Provinsi

Senin, 28 Agustus 2023 | 22:21 WIB
header img
Kota Mojokerto dengan maskot Cak Condro. Foto/Istimewa

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VIII yang akan digelar di Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto dan Kabupaten Jombang pada 9-16 September 2023 mendatang. Dalam gelaran ini, ada 5 maskot kebanggaan Jawa Timur yang akan ditampilkan.

Lima maskot itu berasal dari empat daerah tuan rumah Porprov Jatim VIII yaitu Kabupaten Sidoarjo dengan maskot Si Udeng, Kabupaten Jombang dengan maskot Si Jatu, Kota Mojokerto dengan maskot Cak Condro, dan Kabupaten Mojokerto dengan maskot Si Mada serta ditambah satu maskot andalan Jawa Timur Si Beki. 

Gubernur Jawa Timur, Khofifah menegaskan bahwa seluruh maskot Porprov Jatim VIII dibuat berdasarkan nilai sejarah dan ciri khas budaya di masing-masing wilayah. Menurutnya maskot-maskot ini menyimpan semangat dan pelecut juara para atlet yang bertanding untuk mendulang prestasi. 

"Maskot-maskot ini membawa spirit para atlet untuk berprestasi dalam Porprov Jatim VIII Tahun 2023. Lebih dari itu lima maskot ini juga membawa harapan agar gelaran Porprov juga akan mendongkrak ekonomi di setiap daerah di Jawa Timur,” katanya, Senin (27/8/2023).

Gubernur Khofifah menyampaikan Si Udeng yang  merupakan maskot Kabupaten Sidoarjo didesain berdasarkan simbol kearifan lokal ciri khasnya yaitu Bandeng dan udang. Ini karena sektor perikanan di Kabupaten Sidoarjo layak mendapat perhatian karena potensi yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Serta secara geografi lokasi Kabupaten Sidoarjo dapat dikategorikan sebagai dataran delta.

"Ini menjadi alasan kenapa Sidoarjo bisa memiliki banyak tambak seperti tambak ikan bandeng atau tambak udang yang menjadi iconnya. Selain itu letak geografisnya, berada diantara 2 sungai besar pecahan dari Sungai Brantas yaitu Sungai Mas dan Sungai Porong," jelasnya. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut