get app
inews
Aa Read Next : Khofifah Ajak Muslimat NU Jadi Garda Terdepan Turunkan Stunting dan Bangun Generasi Cerdas

Investasi Transportasi Publik Jadi Magnet Investor Inggris, Ini Kata Gubernur Jatim

Kamis, 31 Agustus 2023 | 08:16 WIB
header img
Gubernur Khofifah mengajak investor Inggris untuk investasi transportasi umum di Jawa Timur. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London, menggelar acara temu bisnis dengan investor asal Inggris.  

Tercatat ada 7 perusahaan negeri ratu Elizabeth tersebut yang mengajukan Letter of Intent (LOI) kepeminatan proyek investasi sektor transportasi umum (Public Transportation) dan pengolahan sampah menjadi energi panas atau listrik (Waste to Energy). Antara lain, Crossrail, Loesche, Mott MacDonald, Seaport Consultant Asia, Arup, Colas Rail, dan Alstom.

“Alhamdulillah investasi pada sektor transportasi umum di Jatim menjadi magnet bagi para Investor dari Inggris. Terutama setelah beroperasinya Trans Jatim yang menghubungkan sekaligus mengkoneksikan banyak daerah dalam satu layanan,” kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Kamis (31/8/2023). 

Khofifah menyatakan, Pemprov Jatim akan terus berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan melakukan percepatan realisasi investasi dari Inggris. Bukan tanpa alasan, hal ini karena realisasi investasi dari Inggris di Jatim selama periode 2010 hingga 2022 mencapai USD162,67 juta. “Diharapkan jika investasi asal Inggris masuk akan meningkatkan nilai realisasi investasi PMA (Penanaman Modal Asing) di Jatim," harapnya. 

Khofifah menjelaskan, Jatim terus mengawal dan mendukung program percepatan pembangunan ekonomi sesuai Perpres Nomor 80 Tahun 2019. Khususnya untuk transportasi publik di wilayah Aglomerasi Surabaya. "Perpres ini diyakini bisa menjawab koneksitas sentra-sentra penduduk, konsentrasi antara dunia industri," katanya.

Orang nomor satu di Jatim ini juga menawarkan potensi investasi di bidang pelayanan kesehatan. Dia menjelaskan, rumah sakit (RS) yang paling banyak memiliki ketersediaan tempat tidur di Indonesia. Salah satunya RS milik Provinsi Jatim. Pemprov Jatim sendiri memiliki 14 RS Umum didukung berbagai layanan kesehatan dengan dokter spesialis di berbagai bidang. “Mudah-mudahan ada yang tertarik dan terbangun kerja sama dengan rumah sakit yang ada di Jatim,” ajaknya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut