get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Mahasiswa Baru UM Surabaya Tulis Harapan untuk Presiden dan DPR Terpilih pada Media Payung

Bamsoet Luncurkan Buku Haluan Negara Menuju Indonesia Emas 2045

Minggu, 03 September 2023 | 16:43 WIB
header img
Buku dengan tema utama tentang urgensi Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) ini diluncurkan tepat di hari ulang tahunnya ke-61 di Jakarta pada 10 September 2023. Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, akan meluncurkan buku berjudul "Haluan Negara Menuju Indonesia Emas 2045". Buku dengan tema utama tentang urgensi Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) ini diluncurkan tepat di hari ulang tahunnya ke-61 di Jakarta pada 10 September 2023

Buku 'Haluan Negara Menuju Indonesia Emas 2045' menekankan dan mengingatkan semua kalangan tentang urgensi halauan negara. Arah dan masa depan kehidupan berbangsa bernegara perlu atau harus dirumuskan dan disepakati oleh semua elemen bangsa. 

Dari rumusan program-program pembangunan dan kesepakatan tentang target-target pembangunan nasional itu, akan lahir halauan pembangunan nasional yang berkelanjutan untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. 

Bamsoet mengungkapkan, cetak biru dari semua program dan kesepakatan target itu dituangkan dalam dokumen PPHN yang wajib dipatuhi oleh setiap administrasi pemerintahan di tingkat pusat dan daerah. Kepatuhan pada PPHN mutlak untuk menghindari program-program pembangunan yang spekulatif atau eksperimental. 

"Saat ini, rumusan PPHN terus berproses di MPR RI," ujar Bamsoet di Jakarta, Minggu (03/9/23).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini mengingatkan beragam tantangan riel yang dihadapi bangsa Indonesia akibat perubahan zaman. Diantaranya meliputi kerja merawat ketahanan dan kemandirian di sektor pangan. 

"Tantangan ini perlu mendapat perhatian khusus. Karena perubahan pola iklim dengan segala eksesnya berpotensi melemahkan ketahanan pangan. Aspek ketahanan pangan nasional di masa depan ini idealnya ditetapkan dalam PPHN, agar setiap penyelenggara pemerintahan, baik pusat maupun daerah, taat dan konsisten bekerja mewujudkannya," kata Bamsoet.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut