get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Senjata Melawan Hoaks, Jadi Tema Kegiatan Literasi Digital Kominfo di Surabaya 

Kamis, 14 September 2023 | 15:50 WIB
header img
Senjata melawan hoaks, jadi tema kegiatan literasi digital Kominfo di Surabaya. Foto: Ist 

SURABAYA, iNews.id - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) bekerja sama dengan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dari Komisi Sosial (Komsos), Komisi Kerasulan Awam (Kerawam), dan Komisi Kepemudaan Keuskupan Surabaya mengadakan acara literasi digital di Ballroom HARRIS Hotel & Conventions Bundaran Satelit Surabaya, Minggu 10 September 2023.

Tujuan dari acara Literasi Digital ini adalah untuk memberikan pendidikan kepada Orang Muda Katolik agar mereka memiliki pemahaman yang baik tentang penggunaan media sosial dengan prinsip-prinsip Pancasila.

Acara ini juga bertujuan untuk membangun jaringan kerja sama di antara Orang Muda Katolik sehingga mereka dapat menjadi agen perubahan yang menyebarkan konten positif untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Acara Literasi Digital ini dihadiri oleh 263 peserta dari berbagai Paroki di Keuskupan Surabaya. 

Literasi digital ini fokus pada empat aspek utama, yaitu keterampilan digital, keamanan digital, budaya digital, dan etika digital.

Peserta utama dari acara ini adalah Orang Muda Katolik (OMK) di Surabaya, yang berusia antara 16 hingga 35 tahun dan belum menikah sesuai dengan pedoman pastoral kaum muda.

Semuel Abrijani, Direktur Jenderal Aptika Kemkominfo RI, mengungkapkan bahwa perkembangan teknologi digital telah membawa kemajuan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. 

Teknologi ini dapat meningkatkan produktivitas sehari-hari, serta mengurangi risiko seperti penipuan, phising, dan pencurian identitas. Selain itu, literasi digital juga membantu individu dalam mengakses dan memanfaatkan informasi dengan bijak.

Semuel menekankan pentingnya kemampuan memilih dan menilai informasi, terutama dalam konteks tahun politik, di mana berita palsu dan informasi salah sering tersebar. Kemkominfo bertanggung jawab memimpin transformasi digital Indonesia sesuai dengan amanat Presiden Jokowi.

Dia juga menyatakan bahwa upaya untuk meningkatkan literasi digital akan terus dilakukan di seluruh negeri, dengan harapan pengetahuan yang diperoleh dari acara ini dapat disebarkan kepada masyarakat luas, termasuk orangtua, teman, dan rekan kerja, untuk membuat Indonesia lebih terhubung secara digital.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut