get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Peringati Deklarasi GNSSA ke-6, Xurya Beri Penghargaan pada Perusahaan Pemakai Energi Terbarukan

Jum'at, 15 September 2023 | 22:39 WIB
header img
Xurya memberikan penghargaan kepada perusahaan yang menggunakan energi terbarukan di Surabaya. Foto iNewsSurabaya/arif

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Peringatan deklarasi Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap (GNSSA) yang ke-6 terlihat berbeda. Xurya sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang energi baru dan terbarukan memberikan penghargaan kepada perusahan yang konsisten menggunakan energi terbarukan di Hotel Novotel Samator, Surabaya, pada hari Jumat (15/09). 

Dalam peringatan acara ini, Xurya juga menobatkan menjadi perusahaan yang mempelopori metode Rp0,- dalam pembiayaan PLTS Atap. Perusahaan ini juga memberikan dukungannya untuk memperingati deklarasi Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap (GNSSA) yang ke-6. 

GNSSA adalah sebuah gerakan yang dideklarasikan pada 13 September 2017 lalu oleh dua kementerian, berbagai asosiasi energi terbarukan, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Institute of Essential Services Reform (IESR). 

Gerakan ini bertujuan untuk mendukung Kebijakan Energi Nasional, yaitu tercapainya 23% penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT) pada tahun 2025, dengan cara mendorong dan mempercepat pembangunan pembangkit listrik surya atap di perumahan, fasilitas umum, gedung perkantoran dan pemerintahan, bangunan komersial, dan kompleks industri.

"Sejak dideklarasikan hingga sekarang, sudah lebih dari 50 badan usaha di Indonesia mendukung gerakan ini," kata Fabby Tumiwa, Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) sekaligus salah satu Deklarator GNSSA. 

“Ide dan target GNSSA sendiri berdasarkan target 23% bauran energi terbarukan di 2025, dimana PLTS ditargetkan berkontribusi 6,5 GW. PLTS Atap yang belum jadi sumber energi yang mainstream harus dapat menjadi berkontribusi. Karena perlu pertumbuhan yang masif, kami mendorong gerakan ini. Dengan demikian target 1 GW di 2020 lalu, dapat terwujud oleh gerakan rakyat yang memasang PLTS Atap di atap bangunan rumah, kantor, dan industri. Selain itu, gerakan ini juga menciptakan peluang usaha dan kesempatan investasi bagi energi terbarukan. Saya berharap kita dapat menggaungkan gerakan ini kembali supaya menjadi gerakan yang dapat mendukung transisi energi di Indonesiadan menjadikan PLTS sebagai kontributor utama dalam upaya percepatan melakukan transisi energi," ujarnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut