get app
inews
Aa Read Next : KKP Genjot Investasi Sektor Perikanan Tuna, Potensi di Jawa Timur Sangat Besar!

Tokoh Muda Lakarsantri Inisiasi Pelestarian Budaya Sedekah Bumi dan Pemugaran Punden

Senin, 18 September 2023 | 11:15 WIB
header img
Pelajaran budaya akan terus ditingkatkan di Surabaya. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Ferlix Prasetya selaku tokoh muda Warga RW 4 Lakarsantri turut melestarikan budaya  sedekah bumi di RW 04 Lakarsantri. Kegiatan di wilayah barat Surabaya ini berlangsung selama tiga hari berturut-turut.

Ferlix yang merupakan bacaleg Dapil 5 Partai Golkar Surabaya ini mengungkapkan, sebagai generasi muda, harus menjunjung adat istiadat dan melestarikan budaya di Lakarsantri. 

"Istilahnya makna dari arti  meruwat desa yakni sama saja meruwat di tempat tinggal kita," jelasnya saat ditemui, Minggu (17/9/2023). 

Selain melakukan sedekah bumi, warga RT 1 RW 4 ini juga melestarikan cagar budaya Punden Dewi Larasati (mbah Denok). Ferlix mengungkapkan, punden adalah pendiri atau pembabat alas Lakarsantri. 

"Beharap warga Lakarsantri harus sowan, menghormati dan menghargai supaya tempat yang kita tinggal tidak ada halangan dan rintangan apapun," ungkap dia.

Felix menambahkan, meski lokasi Punden Mbah Denok berada di dalam lapangan golf Citraland namun sudah berstatus sertifikat hak milik warga. Oleh karenanya, ia bersama warga berinisiatif untuk merenovasi punden Mbah Denok.

"Jadi hari ini dengan bertepatan agenda sedekah bumi di Lakarsantri RW 04 sekaligus meresmikan punden tersebut. Saya berharap kepada warga agar melestarikan dan menjaga punden Mbah Denok untuk generasi penerusnya," ujarnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut