get app
inews
Aa Read Next : Bank Indonesia Siap Layani Penukaran Uang Jelang Lebaran Senilai Rp12 Miliar, Ini Lokasinya

BI Siapkan Rp7,7 Miliar, Layani Penukaran Uang di Wilayah 3T di Jatim

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 11:24 WIB
header img
BI Siapkan Rp7,7 Miliar, Layani Penukaran Uang di Wilayah 3T di Jatim. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id -  Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPBI) Jawa Timur (Jatim) menggelar Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) mulai 7-12 Oktober 2023. Kegiatan ini bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut dan menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Surabaya 591.

Selama enam hari, tim BI Jatim dan TNI AL Koarmada II akan berlayar ke daerah 3T ( terluar, terdepan dan terpencil) di Pulau Madura. Ada lima pulau yang akan dkunjungi yakni Pagerungan Besar, Pagerungan Kecil, Tanjung Kiaok, Kepulauan Raas dan Gili Genting. "KRI Surabaya-591 akan berangkat ke wilayah 3T di Sumenep  pada Jumat (7/10/2023) dari TNI AL Komando Armada (Koarmada) II,” kata Deputi Kepala KPBI Jatim, Bandoe Widiarto dalam kegiatan Bincang Bareng Media, Kamis (5/10/2023).

Dia menambahkan, ada tiga kegiatan utama di masing-masing pulau yang dikunjungi. Yakni penukaran uang rupiah pecahan kecil yang sudah rusak untuk diganti dengan yang baru. Lalu edukasi terkait deteksi uang palsu dengan cara 3D (dilihat, diraba, ditrawang). "Target setiap pulau ada 50 orang dari masyarakat umum dan anak sekolah. Ada juga pemberian bantuan sosial bekerjasama dengan Baznas,” tutur Bandoe.

Untuk penukaran uang, BI Jatim akan membawa Rp7,7 miliar uang tunai yang lebih banyak uang pecahan Rp20.000 ke bawah. Sebab, pecahan itu yang banyak rusak karena sering dipakai transaksi. Layanan penukaran akan menggunakan sistem pemesanan go show. Artinya masyarakat yang datang akan dilayani saat itu juga tanpa perlu memesan jauh-jauh hari. "Kami juga melakukan edukasi CBP (Cinta,  Bangga dan Paham) Rupiah," tandas Bandoe. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut