get app
inews
Aa Read Next : Mudik Asyik BUMN 2024, PT Pegadaian XII Surabaya Berangkatkan 200 Orang, Ini Rutenya

404 Pembalap Lokal dan Internasional Ikuti Ajang Balap Sepeda di Banyuwangi, Ada 8 Kelas Dilombakan

Sabtu, 07 Oktober 2023 | 20:20 WIB
header img
Sebanyak 404 Pembalap Lokal dan Internasional Ikuti Ajang Balap Sepeda di Banyuwangi. Foto iNewsSurabaya/ist

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Event lomba balap sepeda di Banyuwangi, Jawa Timur sangat meriah. Sebanyak 404 pembalap lokal dan internasional mengikuti lomba dengan 8 kategori kelas yang diperebutkan di ajang balap sepeda Tour Of Kemala di Banyuwangi, Jawa Timur.  

Kelas yang direbutkan para pembalap itu diantaranya kelas man elite, man yunior, man master a, man master b, man master c, man open amateur, woman elite serta women yunior. 

Hari pertama balap sepeda yang bertajuk Tour Of Kemala Banyuwangi 2023, para pembalap harus bersaing dan yang tercepat serta menyelesaikan rute sejauh 128,8 kilometer. 

Dihari pertama pembalap harus melewati rute yang sudah ditentukan oleh panitia penyelenggara kegiatan Tour Of Kemala Banyuwangi. 

Etape pertama star Pantai Boom Marina dan menelusuri jalan Nusantara, Banterang, Sri Tanjung, Simpang lima, dan jalan Jaksa Agung Suprapto, simpang empat cungking dan Sasak perot. 

Pembalap terus menelusuri jalan yang ekstrim diantaranya Simpang tiga patung barong, Simpang tiga kemiren, simpang tiga olehsari, simpang tiga banjarsari serta pendarungan dan jurang jeru, simpang tiga kalirejo, dadapan dan kedayunan. 

"Selanjutnya pembalap masih menelusuri jalan simpang tiga poliwangi, karangbando, dan tegalwero, bandara internasional Banyuwangi, patoman, bomo, kumendung, sumbersewu dan tembokrejo. 

Diteruskan Sumbersewu, damtelu, damlimo, karetan serta pasar krombang, sambimulyo, Jajag dan diteruskan Gambiran, Rs-Al huda, simpang empat sun east mall, simpang tiga genteng wetan serta simpang tiga ibrahimy dan temuguruh. 

Selain itu pembalap juga dimanjakan hiburan tarian khas Banyuwangi, mulai Gandrung sepanjang jalan yang dilalui para pembalap yaitu dijalan gendoh, Singojuruh. 

Diteruskan ke jalan simpang tiga alas malang, buloq rogojampi, simpang tiga Dr. Wiriyanto, kabat, kedayunan, jalan S Parman, Patung kuda, Adi Sucipto, jalan A Yani, simpang empat taman blambangan dan simpang tiga PLN dan berakhir di finis di Pantai Boom Marina Banyuwangi. 

Sepanjang lintasan dihari pertama, peserta balap sepeda Tour Of Kemala Banyuwangi 2023, harus melewati jalan yang cukup ekstrim serta penuh tantangan, namun akhirnya sederet pembalap muncul juara di masing - masing kategori. 

Kategori kelas man elite juara 1 direbut Jamalidin Norvadianto dan juara 2 Yosandi Darmawan, sedangkan urutan ketiga berhasil direbut Aditya Alum Nugraha. 

Rasya Ramadani Mahendra menjadi yang tercepat dikelas man yunior, Chenda Ramdani serta Ahmad Al Akbar Fahreza masing menyabet posisi kedua dan ketiga. 

Kategori man master a dimenangkan Ellan Riyadi dan di susul Bagus Hefnar dan urutan ketiga di rebut Sandi Krisnandi. Sedangkan kelas man master b masing - masing disabet oleh Kurniawan, Ferinanto dan Alvin Fillandi. Sementara kelas master c diraih Bambang Wahyudi, Toto Monarto serta Mustaqim Subrari. 

Rifki Firmansyah juara di kelas Man Open Amateur tersebut, dan disusul oleh pembalap bernama Muhammad Afandi Munir serta Maulana Dahrizal Kurniawan menjadi juara ketiga. 


Sebanyak 404 Pembalap Lokal dan Internasional Ikuti Ajang Balap Sepeda di Banyuwangi. Foto iNewsSurabaya/ist

Maghfirotikah Marenda juara 1 dikelas women elite dan disusul Dewika serta Liontin Evengelina. Kelas women yunior, Andini Putri Anastasya juara 1 disusul Aisya Putri Aprilia serta Sakira Nur Azizaha.

"Event ini berjalan dengan baik, pengamanan dilakukan sesuai aturan," kata Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol. Deddy Foury Millewa.

Tour Of Kemala Banyuwangi 2023, lanjutnha merupakan ajang balap sepeda bergengsi yang digelar oleh yayasan kemala Bhayangkari serta pengurus besar ikatan sepeda sport Indonesia (PB-ISSI). 

Balap sepeda ini bertajuk Tour Of Kemala Banyuwangi 2023 ini, disaksikan langsung oleh Ketua Umum Bhayangkari Polri, Julianti Sapta Dwi M, turut mendampingi Evi Celiyanti yang merupakan iatri Waka Polri dan Diana Dofiri. 

Dalam kegiatan ajang balap sepeda bergengsi ini, juga terlihat Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Toni Hermanto, Bupati Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi serta Cabang Bhayangkari dan pengurus Bhayangkari Banyuwangi turut hadir dan mendampingi orang nomor satu di jajaran Bhayangkari Polri tersebut. 

Ketua umum Bhayangkari, Yulianti Listyo Sigit mengatakan, balap sepeda ini diharapkan mampu mencetak atlet Balap sepeda baru. 

"Kegiatan ini juga mendukung tumbuh kembang disektor pariwisata serta membawa dampak perekonomian bagi Masyarakat Banyuwangi," ujarnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut