get app
inews
Aa Read Next : Ajak Transaksi Cashless, BRI BO Kapas Krampung Gelar Bazar Ramadhan di Pasar Nambangan

ITN Malang dan ITS Kolaborasi Dampingi UMKM Buat NIB hingga Sertifikat Halal

Rabu, 25 Oktober 2023 | 21:33 WIB
header img
Kegiatan Workshop dan pendampingan UMKM dalam pengajuan sertifikasi halal. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kolaborasi antar kampus untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terus ditingkatkan. Kali ini Tim KKN pengabdian masyarakat (Abmas) Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) dan Institut Teknologi Nasional Malang (ITN) melegalkan usaha masyarakat. 

Salah satu langkah yang dilakukan kedua kampus tersebut dengan cara menyertifikatkan halal. Mereka mengadakan pendampingan sertifikat halal UMKM. 

Warlinda Eka Triastuti, Ketua Tim Abmas mengungkapkan tim Abmas yang berbasis produk di Pusat Kajian Halal ITS ini berupaya mengekspansi pendampingannya karena kewajiban sertifikasi halal bagi seluruh produk pada 17 Oktober 2024.

Tim abmas ITS ini melibatkan 9 dosen dari Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Perkapalan, Teknik Mesin, dan Teknik Kimia Industri ITS. Selain itu, juga terdapat 15 mahasiswa yang berasal dari Departemen Teknik Kimia Industri ITS.

Linda, sapaan akrab Ketua Tim Abmas ini mengungkapkan Jum’at (20/10/2023) Warlinda beserta Tim hadir sebagai pemateri dalam workshop terkait pengurusan sertifikasi halal dan dilanjutkan pendampingan pengurusan sertifikasi halal terhadap UMKM di area sekitar ITN, dalam hal ini dilakukan oleh Faidliyah Nilna Minah sebagai salah  satu pendamping PPH.

"Pemilik UMKM didampingi dalam pembuatan NIB dan proses pengajuan sertifikat halal dapat dilanjutkan melalui akun SiHalal," katanya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut