get app
inews
Aa Read Next : Penerus Negeri Edukasi Bahaya Stunting dan Penguatan Ekonomi Masyarakat di Jatim

Datangkan Dua Dokter Cantik, RS Pusura Sidoarjo Beri Trik Cara Rawat Gigi yang Benar Warga Candi

Selasa, 31 Oktober 2023 | 07:21 WIB
header img
RS Pusura Sidoarjo Beri Trik Cara Rawat Gigi yang Benar di masyarakat. Foto iNewsSurabaya/arif

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id -Rumah Sakit (RS) Pusura Sidoarjo konsisten memberikan edukasi pada Masyarakat. Rumah Sakit yang berada di Kabupaten Sidoarjo ini memberikan trik untuk merawat gigi dengan baik.

Edukasi perawatan gigi ini dilakukan di kantor Kecamatan Candi, Sidoarjo dengan tema PUDING ‘Peduli Gigi untuk Cegah Sunting’. Dalam acara ini, RS Pusura Sidoarjo ini mendatangkan dokter cantik untuk memberikan trik-trik merawat gigi tetap sehat dan lebih baik.

Dua dokter cantik ini adalah drg. Aulia dan drg. Ayu Rizka Octavia, kedua dokter ini bergantian memberikan wawasan mengenai pentingnya untuk merawat gigi. Sebab, perawatan gigi ini berkaitan dengan kondisi stunting yang dialami anak-anak.

Keberadaan dua doketr gigi ini membuat suasana penyadaran Kesehatan gigi sangat menarik. Warga yang mengikuti workshop pertemuan ini melontarkan pertanyaan-pertanyaan dengan enteng. Mereka bertanya seputar kondisi gigi berdarah hingga sakit gigi. “Gigi memang memiliki kaitan erat dengan stunting. Makanya kita memberikan penyadaran pada warga,” kata drg. Ayu Rizka Octavia Narasumber PUDING ‘Peduli Gigi untuk Cegah Sunting’ di Kecamatan Candi Sidoarjo, Jawa Timur.

Dokter Ayu menuturkan, kondisi gigi menjadi penyebab timbulnya stunting anak. Contohnya, ujar dia, anak yang sakit gigi akan malas untuk makan, dengan begitu kondisi asupan makanan ke tubuh berkurang. Imbasnya, ungkap Ayu, pertumbuhan gigi untuk anak bakal terganggu.

Untuk itu, lanjut dia, menyikat gigi menjadi modal penting menjaga Kesehatan tubuh. Sementara cara menyikat gigi yang baik dilakukan dengan cara memutar sikat gigi, bukan menekannya. Dengan tekanan maka kondisi gusi bisa luka. “Pakai pasta gigi yang sesuai, kalau anak yang belum pegang sikat gigi bisa pakai kasa dioleskan digigi dan gusinya,” tutur Ayu.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut