get app
inews
Aa Read Next : Naik Gerobak Sapi, Ganjar Diarak Ratusan Ribu Warga Keliling Solo Tempat Lahir Gibran

Tingkatkan Ekonomi, Nelayan Ganjar Gelar Pelatihan Marketplace Milenial

Senin, 06 November 2023 | 12:40 WIB
header img
Pelatihan marketplace itu diselenggarakan untuk anak-anak muda yang orang tuanya bekerja sebagai nelayan. Foto/Istimewa

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam sukarelawan Komunitas Nelayan Pesisir Dukung Ganjar, mengadakan pelatihan marketplace untuk milenial di Surabaya, Jawa Timur.

Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Timur Abdul Kahar mengatakan, pelatihan marketplace itu diselenggarakan untuk anak-anak muda yang orang tuanya bekerja sebagai nelayan.

"Kegiatan ini untuk meningkatkan daya saing di marketplace yang sekarang semua serba digital. Jadi kita merangkul anak-anak nelayan pesisir yang ada di Surabaya, di mana dari hasil tangkapan laut itu akan disebarkan atau dijual melalui marketplace," ujar Kahar di Sate Barito, Kecamatan Wonokromo, Surabaya pada Minggu (5/11/2023).

Dalam pelatihan itu, sukarelawan menghadirkan pemateri yang telah lama berkecimpung dalam dunia marketplace. Mereka mengedukasi peserta yang hadir sekaligus mempraktikkannya secara langsung.

Mulai dari bagaimana cara memproduksi beragam hasil olahan seperti ikan, cara memasarkan produknya hingga mengemas produk yang menarik.

Tak hanya itu, peserta yang hadir juga diajarkan ihwal mengatur data pengeluaran dan pendapatan dari proses produksi olahan secara keseluruhan.

"Tujuannya untuk sekiranya hasil tangkapan laut itu bisa bersaing di pasar-pasar yang sekarang sudah di-online-kan," kata Kahar.

Kahar mencontohkan di Jawa Timur, hasil tangkapan nelayan yakni ikan sarden di Banyuwangi penjualannya melampaui pasar tradisional dan sudah menyentuh konsumen di luar negeri.

Dia pun mendorong para milenial, khususnya anak dari para nelayan untuk mengembangkan hasil tangkapan laut agar dapat diolah dan dipasarkan lebih kencang lagi melalui marketplace.

"Harapannya nanti ke depan nelayan pesisir ini yang milenial khususnya Gen Z mampu bersaing di pasar global. Sekiranya hasil dari tangkapan laut itu bisa dijual online, khususnya ke luar Indonesia," jelas Kahar.

Khalis, salah satu peserta pelatihan yang juga anak dari seorang nelayan mengaku senang dapat mengikuti kegiatan sukarelawan Komunitas Nelayan Pesisir.

Dia menyebutkan, pelatihan marketplace dari pendukung Ganjar Pranowo itu sangat bermanfaat, memberikan banyak ilmu serta menginspirasi, khususnya bagi para milenial.

"Kegiatannya sangat menarik sekali dari pematerinya sangat menguasai tentang bagaimana cara kita untuk memasarkan ikan secara lebih luas melalui pendekatan marketplace," ucap Khalis.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut