get app
inews
Aa Read Next : Naik Gerobak Sapi, Ganjar Diarak Ratusan Ribu Warga Keliling Solo Tempat Lahir Gibran

Ganjar dan Walhi Sepakat Hilirisasi Sumber Daya Alam untuk Tingkatkan Ekonomi Rakyat

Jum'at, 09 Februari 2024 | 16:20 WIB
header img
Ganjar Pranowo. Foto iNewsSurabaya/ist

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Calon presiden (Capres) 2024 nomor urut 3, Ganjar Pranowo, berkunjung ke Kantor Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi). Ganjar berdiskusi tentang banyak hal terkait persoalan lingkungan.

Beberapa isu dibahas dalam pertemuan itu. Mulai tata kelola sumber daya alam yang baik, melakukan review terhadap pertambangan dan perkebunan untuk mencegah kerusakan lingkungan, hingga isu peningkatan ekonomi berbasis pada ekonomi berkelanjutan.

Dalam pertemuan itu, Ganjar dan Walhi sepakat untuk mengembangkan ekonomi Nusantara. Ekonomi Nusantara merupakan program hilirisasi sektor ekonomi dari potensi sumber daya alam yang melimpah di Indonesia.

"Kita bicara soal Ekonomi Nusantara tentang 33 jenis rempah, kopi, dan kelapa di Indonesia. Potensinya sangat besar, namun sayang dalam lima dekade ini tidak diurus sehingga dikuasai negara tetangga," ucap Direktur Eksekutif Nasional Walhi, Zenzi Suhadi, Kamis (8/2/2024).

Zenzi menambahkan, negara harus membangun pasar terhadap potensi sumber daya alam di Indonesia itu. Hilirisasi penting dilakukan agar rakyat bisa menikmati hasil dari melimpahnya sumber daya Indonesia.

"Kalau ekonomi rakyat ini kita urus, maka hasilnya akan sangat besar. Untuk mengolah lahan petanilah ahlinya, untuk hasil laut nelayan ahlinya. Maka serahkan pada mereka, negara bertugas membangun pasar dan melakukan hilirisasi," pungkasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut