get app
inews
Aa Read Next : Spekulasi Cak Imin Bertarung di Pilgub Jatim 2024, Begini Respon Sekretaris DPW PKB

Kasus Putusan Batas Usia Jadi Catatan Hitam Mahkamah Konstitusi, Ini Kata Rektor UWP Surabaya

Kamis, 09 November 2023 | 12:01 WIB
header img
Rektor UWP Surabaya Dr Budi Endarto adanya Catatan Hitam putusan Mahkamah Konstitusi. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Polemik putusan Mahkamah Konstitusi (MK) telah menemui titik terang. Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) telah memutus, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman sebagai Hakim Terlapor terbukti melakukan pelanggaran kode etik hakim. 

Pelanggaran yang dimaksud sebagaimana tertuang dalam Sapta Karsa Hutama Prinsip Ketakberpihakan, Prinsip Integritas, Prinsip Kecakapan dan Kesetaraan, Prinsip Independensi, dan Prinsip Kepantasan dan Kesopanan. 

Putusan MKMK menjatuhkan sanksi terhadap Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman melanggar kode etik perilaku Hakim Konstitusi. "Biarkan putusan MK No 90/2023 menjadi catatan hitam putusan MK," kata Rektor Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya, Dr. Budi Endarto,. SH., M. Hum. 

Budi mengatakan, putusan MKMK tidak akan mempengaruhi keberlakuan Putusan MK Nomor 90/PUU-XXI/2023. Salah satu amar putusan dari MKMK adalah memutuskan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman sebagai Hakim Terlapor melakukan pelanggaran sebagaimana tertuang dalam Sapta Karsa Hutama Prinsip Ketakberpihakan, Prinsip Integritas, Prinsip Kecakapan dan Kesetaraan, Prinsip Independensi, dan Prinsip Kepantasan dan Kesopanan. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut