get app
inews
Aa Read Next : Jalan Utama Surabaya Macet, Konvoi Peringatan Hari Buruh May Day

Peringati 10 November, Siswa SMK 17 Agustus 1945 Gelar Drama Kolosal, Ada Peran KH Hasyim Asy'ari

Jum'at, 10 November 2023 | 14:30 WIB
header img
Siswa SMK 17 Agustus 1945 Gelar Drama Kolosal dengan menonjolkan Peran KH Hasyim Asy'ari. Foto iNewsSurabaya/arif

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Peringatan Hari Pahlawan dilakukan berbeda di SMK 17 Agustus 1945 Surabaya. Untuk mengenang perjuangan para Pahlawan, siswa maupun guru menggelar drama kolosal penyerahan kekuasaan dari Jepang  ke Indonesia hingga pertempuran 10 November 1945.

Drama kolosal ini menyita perhatian seluruh anak didik SMK 17 Agustus 1945 atau SMK TAG Surabaya ini. Mereka memerankan peperangan dan perjuangan Pahlawan untuk merebut kemerdekaan RI. Bahkan drama ini juga memunculkan sosok KH Hasyim Asy'ari yang mengeluarkan petuah Jihad. Sementara Bung Tomo mengeluarkan pekik untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan ini. 

"Kami mengadakan upacara bendera kemudian dilanjutkan dengan acara teatrikal perjuangan 10 November," kata Waka Kesiswaan SMK 17 Agustus 1945 Surabaya, M. Fahmi Tri Kurniawan,S.Pd

Fahmi mengatakan, pihaknya ingin siswa bisa mengetahui beratnya perjuangan untuk kemerdekaan. Mereka harus faham proses merebut kemerdekaan, kemudian mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut