get app
inews
Aa Read Next : IBID Tawarkan Pengalaman Lelang yang Mudah dengan Sistem Digital, Begini Cara Mengikutinya

Kisah di Balik Jersey Persebaya Milik Indah Kurnia yang Baru Saja Dilelang

Kamis, 16 November 2023 | 09:57 WIB
header img
Jersey Persebaya milik Indah Kurnia di lelang dalam acara Extravaganza Lelang Hari Oeang 2023. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Indah Kurnia baru saja melelang Jersey Persebaya miliknya. Jersey Persebaya kesayangannya itu di lelang dalam acara Extravaganza Lelang Hari Oeang 2023 di Golden Hall Plaza Surabaya, pada Rabu (15/11/2023) kemarin.

Aksi lelang itupun cukup membuat heboh Plaza Surabaya. Begitu petugas lelang mulai membuka harga, puluhan orang langsung angkat tanda minat. Namun setelah ditawarkan beberapa kali hingga membuat tegang pengunjung mall, akhirnya Jersey Persebaya milik Indah Kurnia jatuh ke tangan yang tepat.

Lantas apa yang membuat begitu banyak orang yang tertarik? Jika dirunut ke belakang, Jersey Persebaya tersebut memang memiliki nilai sejarahnya sendiri, terutama bagi Indah Kurnia.

Indah yang saat ini duduk di Komisi XI DPR RI pernah menggegerkan dunia sepakbola tanah air. Pada tahun 2006-2008 lalu, Indah Kurnia sempat menjadi Manager Persebaya FC. Dia merupakan perempuan pertama yang sukses mengampu tim sepakbola berjuluk "Bajul Ijo" tersebut. 

Selama itu pula, Jersey Persebaya yang di lelang selalu menemaninya hingga Persebaya sukses menjadi juara liga. Padahal pada tahun 2005, Bajul Ijo mengalami degradasi.

Namun berkat kegigihan anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan ini, tim yang mempunyai suporter militan di berbagai daerah itu bisa diakui kembali PSSI dan berkompetisi resmi, meski harus berada di Divisi Utama terlebih dahulu. Tim Persebaya pun akhirnya berhasil menjadi juara Liga Indonesia

Jersey Persebaya dengan nomor punggung 28 ini juga menjadi saksi penganugerahan Rekor MURI Indah Kurnia sebagai Perempuan Manajer Sepakbola Pertama yang berhasil membawa Tim Persebaya menjadi Juara Liga Indonesia 2006

"Jersey Persebaya dengan nomor punggung 28 ini saya persembahkan untuk Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) sebagai lelang amal," kata Indah Kurnia.

Ia menuturkan, banyak kisah dan pengalaman berharga dibalik Jersey Persebaya kesayangannya. Selain prestasi, tatkala menjadi manajer Persebaya juga ada kisah menarik yang sempat menggemparkan tim yang dia pimpin. Yakni tentang mitos yang puluhan tahun dihindari.

Pada saat itu, di Persebaya ada mitos jika seorang perempuan duduk di bangku cadangan pemain maka Persebaya bisa kalah. Namun Indah Kurnia berhasil melawan mitos tersebut dengan membawa Persebaya menjadi juara.

"Selama 79 tahun sejak 1027 Persebaya berdiri sampai 2006, perempuan gak boleh duduk disitu, termasuk saya. Suatu hari saya melawan mitos dan Persebaya menang 2-0," ungkapnya. Sejak itulah Indah Kurnia mematahkan mitos.

"Jadi kaos ini merupakan saksi sejarah di dunia sepakbola, maupun bagi kami sendiri selaku perempuan yang tidak bisa bermain bola, tapi mampu mengelola keuangan dan mengelola massa," tutupnya.

Hasil lelang Jersey Persebaya milik Indah Kurnia itupun dipersebahkan untuk Bonek dari Tribun Kidul.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut