get app
inews
Aa Read Next : Sempat Ditolak 13 Kali, Roy Jadi Wisudawan Berprestasi Unair

Mengabdi di Pesantren, Tim PKM FK Unair Ajarkan Santri Produksi Jamu Bubuk Herbal

Minggu, 19 November 2023 | 21:52 WIB
header img
Kegiatan pelatihan yang digelar oleh tim PKM FK Unair ini sangat dirasakan manfaatnya bagi peserta dan pondok pesantren, sebagai langkah untuk mendapatkan sumber pendanaan untuk operasional pondok pesantren. Foto/Istimewa

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Kedokteran Unair (FK Unair) Bagian Farmakologi, mengajarkan para santri Pondok Pesantren Nurul Huda Sidoarjo, Jawa Timur, cara memproduksi jamu herbal bubuk.

Santri-santri itupun dilatih bagaimana memanfaatkan tanaman herbal dan cara pembuatan bahan jamu dengan mengolah tanaman menjadi serbuk. Kegiatan mengabdi di Pesantren pada Sabtu, 11 November 2023 ini menghadirkan narasumber dr. Yuani Setiawati dan Dr. Rochmah Kurnijasanti dari Fakultas Kedokteran Unair.

Keduanya menyampaikan materi dasar, mulai dari kegunaan, pembuatan produk berbahan dasar herbal, teknik pengemasan dan potensi ekonomi dari tamanan herbal itu sendiri. Hasil olahan nantinya bia dipasarkan di pondok pesantren maupun untuk dijual di luar wilayah pondok pesantren. 

Dr. Rochmah Kurnijasanti mengatakan, terdapat berbagai metode untuk mengemas produk tanaman herbal sehingga lebih praktis dan mudah untuk digunakan. Yakni serbuk biasa, serbuk granul dengan gula, dan serbuk effervescent. 

"Serbuk effervescent merupakan sediaan hasil dari gabungan senyawa asam dan basa yang bila ditambahkan dengan air (H2O) akan bereaksi melepaskan karbon dioksida (CO2), yang biasanya terdiri dari natrium bikarbonat, asam sitrat dan asam tartrat," terangnya. 

Keuntungan dari serbuk effervescent ini dapat menyamarkan rasa pahit dan bau yang tidak sedap, serta lebih praktis. Sehingga dapat diberikan kepada orang yang mengalami kesulitan menelan tablet atau kapsul. 

Rochmah mengungkapkan, kehadiran timnya di Pondok Pesantren Nurul Huda di Desa Benndo Tretek, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo ini selain memberikan pelatihan juga untuk mendorong kemandirian ekonomi pesantren

Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung program Direktorat PD Pontren yang telah digulirkan mulai tahun 2020. Yakni mendorong kemandirian pesantren. Sehingga pengabdian kepada masyarakat ditujukan untuk menginisiasi pembentukan unit usaha yang nantinya dapat menjadi motor ekonomi pondok pesantren Nurul Huda.

"Pondok pesantren Nurul Huda termasuk dalam kategori pondok pesantren yang belum mempunyai unit usaha. Pengembangan pondok pesantren Nurul Huda berasal dari para donatur dan usaha pribadi pemimpin pondok pesantren," ujarnya.

Nurul Huda, kata dia, mempunyai lahan tidur yang belum termanfaatkan. Didirikan sejak tahun 1990, ponpes ini masih memiliki lahan kosong yang belum dimanfaatkan. Dari luas tanah sekitar satu hektar, hanya terpakai untuk bangunan 800 m2.

Untuk itu, agar lebih mengoptimalkan fungsi dan mengerakkan motor ekonomi, maka perlu dilakukan pemberdayaan lahan tidur dengan budidaya tanaman herbal. 

Disamping itu inisiasi untuk pemberdayaan santri dengan mengolah tanaman herbal yang sebelumnya sudah dilakukan akan tetapi hanya terbatas untuk permintaan tamu pondok pesantren. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut