get app
inews
Aa Read Next : Marketing Summit - Growing In Harmony, Bangga Menjadi Pejuang Literasi

Raih FJN Award 2023, Gus Iwan Ajak FJN Perkuat Literasi Pelajar NU

Selasa, 21 November 2023 | 10:56 WIB
header img
Gus Iwan menerima apresiasi FJN Award 2023 dari pengurus Forkom Jurnalis Nahdliyin di Foodies Gallery, Surabaya. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Rektor Institut Pesantren Sunan Drajat (Insud) Lamongan, Gus Ahmad Iwan Zunaih, dinobatkan sebagai Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif 2023 oleh Forkom Jurnalis Nahdliyin (FJN). 

Apresiasi tersebut diserahkan langsung oleh anggota FJN di Foodies Gallery, Surabaya, pada Senin (20/11/2023). 

FJN menilai, menantu Kiai Abdul Ghofur pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan itu memberi inspiratif bagi generasi muda Nahdliyin. Gus Iwan termasuk kader NU yang komplet, kiai muda, akademisi dan politisi.

Gus Iwan sendiri tidak menyangka kiprahnya yang ia anggap sederhana ternyata dipantau oleh para jurnalis. Sebagai kader NU, Gus Iwan tidak pernah menutup diri atau membatasi pegaulan. 

Wakil Bendahara PWNU Jawa Timur ini pun kerap menyampaikan pesan baik sesuai Khittah NU. Baik di internal NU sendiri maupun di organisasi selain NU. Hal itu ia lakukan demi menjaga marwah NU dan kemaslahatan bersama

Ia pun berharap, Forkom Jurnalis Nahdliyin juga ikut berperan aktif dalam menyebarkan narasi-narasi baik ditengah-tengah masyarakat. Termasuk memperkuat literasi di kalangan pelajar NU.

Gus Iwan bilang, Nahdlatul Ulama (NU) adalah organisasi keagamaan dengan jumlah pengikut terbesar di Nusantara. Demikian pula di Jawa Timur yang merupakan tempat kelahiran NU. Namun budaya literasi di NU dinilai masih lemah.

Untuk itu, sebagai bagian intelektual NU, FJN bisa melakukan penguatan literasi di kalangan pelajar NU. Sebab, NU memiliki banyak lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan lembaga Ma'arif NU.

"FJN bisa berkontribusi dalam penguatan literasi di lingkungan NU, diantaranya dengan memberikan pelatihan jurnalistik di kalangan pelajar NU. Saya berharap budaya menulis menjadi tradisi di kalangan generasi NU," ujar Anggota DPRD Jatim dari Fraksi NasDem tersebut.

Sementara itu, Ketua Umum FJN Muhamad Didi Rosadi mengapresiasi saran dari Gus Iwan. Menurutnya, selama ini FJN sudah melakukan gerakan penguatan literasi, tapi masih sebatas di kalangan mahasiswa dan santri.

"Usulan Gus Iwan itu bagus, akan segera kita tindaklanjuti," tutur pria yang akrab disapa Diday itu.

Terkait apresiasi Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif 2023 yang diberikan FJN kepada menantu Kiai Abdul Ghofur pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan itu, Diday mengatakan Gus Iwan memberi inspiratif bagi generasi muda Nahdliyin. Ia kader NU yang komplet, kiai muda, akademisi dan politisi.

"Gus Iwan salah satu yang menginisiasi Perda Pondok Pesantren di Jawa Timur. Kontribusinya sebagai wakil rakyat juga signifikan terutama di Gresik dan Lamongan yang merupakan daerah pemilihannya," pungkasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut