get app
inews
Aa Read Next : Dukung Produktivitas Jagung, Sygenta Kenalkan Teknologi dan Inovasi ke Ratusan Petani

Mak Ganjar Harapkan Produksi Pupuk Organik Semakin Menggeliat

Rabu, 22 November 2023 | 15:34 WIB
header img
Mak Ganjar melaksanakan penyuluhan pertanian itu di Dusun Genang, Desa Maron, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Foto/Istimewa

KEDIRI, iNewsSurabaya.id - Usai menginisiasi penyuluhan pertanian bertajuk "pembuatan pupuk organik" kepada masyarakat, sukarelawan Mak Ganjar berharap para petani bisa mulai mencoba membuatnya sendiri di rumah serta menjadi ladang bisnis untuk memenuhi kebutuhan harian.

Diketahui Mak Ganjar melaksanakan penyuluhan pertanian itu di Dusun Genang, Desa Maron, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur, Rabu (22/11/23). 

Mayoritas warga Desa Maron memang bermatapencaharian sebagai petani. Adapun komoditas pertanian yang ditanam beragam, mulai dari jagung, padi, alpukat, dan lain sebagainya.

"Sebenernya untuk acara ini selain mereka untuk konsumsi sendiri ya, sebagai konsumsi sendiri, mereka saya berharap bisa terus menjadi pengetahuan baru dan bisa menjadi bisnis baru untuk mereka dan terus diproduksi," ungkap Koordinator Wilayah Mak Ganjar Jawa Timur, Hariza Farwa.

Mak Ganjar menghadirkan pemateri penyuluh pertanian, Hariyanto yang memang ahli di bidang pupuk organik.

Pemakaian pupuk organik, lanjut Hariza, tak hanya bermanfaat dalam menekan biaya produksi, tetapi juga berdampak pada meningkatnya produksi dan memperbaiki lingkungan.

Dia berharap, Mak Ganjar bisa mendorong tumbuhnya industri kecil berskala rumah tangga untuk memproduksi pupuk organik dengan bahan tergolong murah dan hasilnya bisa diperjualbelikan.

"Untuk bahan pupuk organiknya di sini ada bahannya buah, bahan utamanya ada pisang, ada nanas, dan bahan yang lainnya ada air cuci beras, air kelapa dan juga tetes tebu ditambah dengan bakteri yang itu bisa langsung dibeli di toko pertanian," jelas dia.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut