get app
inews
Aa Read Next : Kencana Group Nilai Potensi Bisnis Baja Ringan Semakin Mengkilap di Tengah Menurun Penggunaan Kayu

Hijaukan Arjuna dan Welirang, Kencana Group Gelar Aksi Tanam 1.000 Pohon

Selasa, 28 November 2023 | 06:29 WIB
header img
Kencana Group Gelar melakukan Aksi Tanam 1.000 Pohon di Gunung Arjuna dan Welirang. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kencana Group untuk ketiga kalinya berpartisipasi dalam gerakan penanaman 1.000 pohon di kawasan kaki Gunung Welirang. Kegiatan ini dilakukan guna memperingati “Hari Menanam Pohon Indonesia” (HMPI) pada tanggal 28 November setiap tahunnya.

Dalam kegiatan ini, pelopor industri baja ringan itu berkolaborasi dengan Yayasan Grojogan Sewu Pecalukan, Perum Perhutani, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), serta influencer dan masyarakat. Diwakili oleh manajemen, penyerahan 1.000 bibit pohon seperti cemara gunung, cemara pinus, hingga beringin dilakukan secara simbolis pada Sabtu (25/11/2023) di area Kedai Lalie Djiwo.

Adapun penanaman pohon ini sendiri berlokasi di kaki Gunung Welirang, Semeru, Kecamatan Prigen, Kabupaten pasuruan, Jawa Timur, tepatnya di Petak 53c Perhutani, Perkemahan Kakek Bodo, Prigen. Lokasi ini dipilih guna melakukan reboisasi hutan setelah adanya kebakaran hutan yang melanda Gunung Welirang pada bulan September 2023 lalu.

Founder Kencana Group, Rudyanto mengatakan, penanaman pohon ini menjadi salah satu bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan, supaya generasi penerus dapat menikmati indahnya alam di Indonesia.

“Karena kami berangkat, lahir juga di Indonesia. Kami merasa bertanggung jawab untuk memelihara lingkungan di sekitar kita, khususnya di seluruh Indonesia. Jadi, pada hari ini adalah tahun ke-3 untuk penanaman 1.000 pohon ini. Sudah menjadi komitmen kita,” terang Rudyanto.

Kencana Group juga berkomitmen untuk terus melakukan penanaman pohon. Bukan hanya untuk menjaga alam tetap lestari, melainkan juga untuk memberikan inspirasi bagi perusahaan-perusahaan nasional lainnya.

“Terus ya (dilakukan) karena mungkin barangkali dari perusahaan-perusahaan yang lain supaya juga bisa mengikuti jejak kami agar bumi ini lebih bermanfaat bagi yang tinggal di Indonesia ini,” lanjutnya.

Terlebih lagi, mengingat Indonesia merupakan negara beriklim tropis, penanaman pohon akan efektif untuk menghijaukan kembali bumi pertiwi ini. “Kami daerah tropis, jadi ya sangat memungkinkan untuk jadi kawasan hijau,” pungkas Rudyanto.

Berbeda dari tahun pertama dan kedua, penanaman 1.000 pohon oleh Kencana Group ini juga diiringi dengan kegiatan lain, yaitu mitigasi sungai.  Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk mencegah banjir saat hujan melanda. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut