get app
inews
Aa Read Next : Kreasi Unik Warga Binaan Lapas Jombang, Ubah Limbah Kayu Jadi Karya Seni Bernilai Tinggi

Inovasi Lapas Banyuwangi, Warga Binaan Diajari Cara Produksi Budidaya Jamur Tiram

Selasa, 05 Desember 2023 | 07:52 WIB
header img
Budidaya Jamur Tiram menjadi pilihan utama untuk meningkatkan ekonomi warga binaan Lapas Banyuwangi, setelah menghirup udara bebas dan bisa kembali ke masyarakat untuk mengembangkan bisnis budidaya jamur. Foto iNewsSurabaya/siswanto

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Inovasi terbaru mewarnai kegiatan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (4/12/2023). Mereka diajari memproduksi budidaya Jamur Tiram untuk meningkatkan ketrampilan dan bisa dijadikan pekerjaan setelah keluar penjara. 

Kepala Lapas Banyuwangi, Agus Wahono, mengungkapkan bahwa budidaya jamur tiram masih dalam tahap awal, dengan 1000 baglog jamur sebagai permulaan. "Rencananya, kami akan memperluas lahan dan jumlah baglog jika tren positif terus berlanjut," ujar Agus.

Proses pelatihan budidaya jamur tiram dilakukan dengan bimbingan langsung dari distributor bibit jamur tiram. "Warga binaan kami tidak hanya diajarkan cara budidaya, tetapi juga langkah-langkah mulai dari pembuatan baglog hingga proses panen dan pengemasan jamur tiram," tambahnya.

Distributor bibit jamur yang bekerjasama dengan Lapas Banyuwangi memberikan materi pelatihan yang komprehensif. Agus Wahono menekankan bahwa budidaya jamur tiram dipilih karena prosesnya yang relatif mudah, meskipun membutuhkan ketelitian dalam setiap tahapannya.

"Budidaya ini dapat dilakukan dengan lahan dan ruangan terbatas, serta perawatan yang terfokus pada penyiraman jamur secara rutin untuk menjaga kelembapan," jelas Agus Wahono.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut