get app
inews
Aa Read Next : JKSN Jatim Deklarasikan Dukungan Khofifah-Emil Dua Periode

Khofifah Dapat Rekom dari PAN Maju Pilgub Jatim, Begini Kata Pengamat Soal Peluangnya Gandeng Emil

Kamis, 07 Desember 2023 | 13:19 WIB
header img
Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak, menyapa warga disela pidato kerakyatan di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis (14/2/2019) lalu. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Khofifah Indar Parawansa mendapat rekomendasi Partai Amanat Nasional (PAN) untuk kembali maju dalam gelaran Pilgub Jatim 2024. Rekomendasi tersebut diberikan hanya untuk Khofifah untuk maju sebagai Cagub tanpa berpasangan tokoh lain sebagai Cawagub. 

Pengamat Politik dari Lembaga Survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Sirajt memprediksi Khofifah akan tetap berpasangan dengan Emil Dardak di Pilgub 2024 mendatang.

Sebab menurut Baihaki, hingga saat ini, Khofifah-Emil masih menjadi pasangan yang ideal  maju kembali dalam Pilgub Jatim  2024 untuk periode kedua. 

Hal itu kata Baihaki dikarenakan beberapa alasan , pertama selama ini kinerja pasangan Khofifah-Emil saat memimpin Jatim terbilang bagus. 

"Setidaknya terlihat dari program-program yang selama ini dijalankan berpihak pada masyarakat. Salah satu indikatornya tingkat kepuasan masyarakat pada kinerja Khofifah-Emil cukup tinggi," kata Baihaki saat dikonfirmasi media, Kamis (07/12/2023).

Selain itu, lanjut Baihaki dalam survei terakhir yang dilakukan oleh ARCI dan mencoba melakukan simulasi pasangan calon dalam Pilgub Jatim, hasilnya pasangan Khofifah-Emil masih teringgi. 

"Saat kami simulasikan dengan tiga paslon maka hasilnya, Khofifah-Emil 51,5℅. Kemudian Risma-Gus Ipul 18,6℅, dan Abd Halim Iskandar-Toriqul Haq 17,3℅, yang tidak menjawab 12,6 %," ungkapnya.

Jika dilihat dari beberapa faktor di atas, maka apabila duet ini kembali maju dalam Pilgub 2024 mendatang maka potensi untuk kembali menang sangat besar. 

"Soal rekomendasi partai untuk berpasangan dengan siapa, termasuk PAN, hasil survei elektabilitas dan tingkat kepuasan kinerja pasti akan menjadi pertimbangan nantinya. Nah kalau Khofifah-Emil tetap baik hasil surveinya, bahkan misalnya lebih baik lagi jelang tahapan pendaftaran, pasti itu akan jadi pertimbangan penting," pungkas Baihaki.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut