get app
inews
Aa Read Next : PKB Usung Kades Mojokrapak Warsubi Bakal Calon Bupati Jombang, Ini Alasan yang Jarang Diungkap

Soal Kekhawatiran Intervensi Jokowi pada Debat Cawapres, Begini Kata PKB

Rabu, 20 Desember 2023 | 09:23 WIB
header img
Debat akan diikuti oleh tiga orang cawapres. Antara lain, cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. Foto/INews.id

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan pelaksanaan debat calon wakil presiden (cawapres) perdana akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, pada Jumat (22/12/2023) mendatang. 

Debat ini merupakan debat kedua dalam keseluruhan rangkaian debat capres-cawapres Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Debat akan diikuti oleh tiga orang cawapres. Antara lain, cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. 

Debat akan dimulai on air jam 19.00 WIB. Debat cawapres akan dilakukan dengan format yang sama dengan debat capres pada Selasa (12/12/2023).

Sekretaris DPW PKB Jawa Timur (Jatim) Anik Maslachah mengatakan, meski ada Gibran Rakabuming Raka yang merupakan anak dari Presiden Joko Widodo, namun dia meyakini tidak ada intervensi dari orang nomor satu di RI tersebut. 

"Dari mananya dilakukan intervensi. Debat ini merupakan pandangan langsung yang bisa dilihat," katanya, Selasa (19/12/2023).

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim menambahkan, sekalipun ada intervensi, tetap akan sulit untuk dimainkan. Menurutnya, debat ini bukan merupakan pertandingan tinju yang ingin saling menjatuhkan. 

"Debat ya adu visi dan misi. Kemampuan untuk menjawab persoalan di masyarakat dan apa jawaban itu untuk. Jadi tidak perlu ada kekhawatiran ada intervensi," ujarnya. 

Diketahui, debat cawapres mendatang akan terdiri dari enam segmen. Pada segmen pertama, yakni berisi penyampaian visi, misi, program kerja oleh masing-masing cawapres. Segmen kedua dan ketiga, akan diajukan sejumlah pertanyaan yang disusun oleh tim panelis. 

Pada segmen keempat dan kelima, para cawapres diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan masing-masing cawapres. 

Pada segmen segmen keenam akan ada closing statement atau pernyataan terakhir sebagai kesimpulan dari masing-masing cawapres tentang topik yang dijadikan bahan untuk debat cawapres. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut