get app
inews
Aa Read Next : Jalan Utama Surabaya Macet, Konvoi Peringatan Hari Buruh May Day

Hasil Survei ARCI, Partai Gerindra Berpotensi Salip PKB dan PDI Perjuangan, ini Faktornya

Minggu, 24 Desember 2023 | 19:07 WIB
header img
Partai Gerindra Berpotensi Salip PKB dan PDI Perjuangan. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbaru elektabilitas partai politik di Jawa Timur. Persaingan di papan atas parpol Jatim makin panas antara PKB, PDI Perjuangan, dan Gerindra.

"Gerindra berpotensi menyalip PDI Perjuangan dan PKB di Jawa Timur. Tren elektabilitas Gerindra terus naik, sementara PKB cenderung stagnan bahkan PDI Perjuangan menurun," kata Baihaki saat paparan survei ARCI di Surabaya, Minggu (24/12/2023).

Dalam survei ARCI, elektabilitas PKB berada di angka 16,8%. Kemudian PDI Perjuangan di angka 16,2%. Gerindra dengan angka 15,5%. Jarak antar ketiga partai ini berdekatan dan berada di batas margin of error survei yakni 3%.

Baihaki dalam paparannya menyebut tren elektabilitas Gerindra naik mengikuti tren kenaikan elektabilitas capres 02 Prabowo Subianto yang notabene Ketum Gerindra.

"Jadi Gerindra dapat durian runtuh di Pemilu 2024, bahwa banyak pemilih Prabowo yang memberikan dukungannya ke Gerindra," ujar Baihaki.

"Bagaimanapun simbol Gerindra adalah Prabowo, dan Prabowo adalah Gerindra. Itu top of mind di masyarakat, yang memberi keuntungan ke Gerindra di mana hari ini elektabilitas Prabowo meroket di Jawa Timur," tambahnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut