get app
inews
Aa Read Next : Peroleh Kredit MLT BPJS Ketenagakerjaan, Developer Bangun 200 Rumah Pekerja

DPD REI Jawa Timur Optimistis Pasar Properti Tumbuh Diatas 20 Persen

Kamis, 03 Februari 2022 | 11:50 WIB
header img
DPD REI Jawa TImur menggelar acara “Solutif, Senior Luar Biasa Inspiratif” di Surabaya. (Foto: MPI)

SURABAYA, iNews.id - DPD Real Estate Indonesia (REI) Jawa Timur (Jatim) mencatat, selama tahun 2021, pasar pasar properti tumbuh hingga 20 persen. Tahun ini 2022 ini, pertumbuhannya diyakini akan lebih tinggi dibandingkan 2021.

Menurut Ketua DPD REI Jatim, Soesilo Efendy, rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia selain pangan dan sandang. Sehingga, permintaan properti akan terus ada. 

Kemudian ditunjang dengan adanya beberapa relaksasi yang diluncurkan pemerintah seperti perpanjangan pemberlakuan Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP). 

"Bisnis properti tahun ini kami yakini juga akan tumbuh akibat turunnya suku bunga kredit perumahan," katanya usai acara “Solutif, Senior Luar Biasa Inspiratif” di Surabaya, Rabu (2/2/2022).

Sementara itu, lanjut dia, untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya, pasar properti di area Gresik Selatan juga mulai tumbuh. Menurut Soesilo ada beberapa faktor yang mempengaruhi. 

Diantaranya kedekatan dengan Surabaya, infrastruktur yang mendukung serta kualitas air bersih yang direncanakan akan mendapatkan suplay dari mata air Umbulan. 

Dia mengungkapkan, beberapa pengembang besar sudah mulai menggarap area Gresik selatan. Mulai dari perumahan kelas menengah hingga segmen menengah atas sudah mulai bermunculan. 

"Penjual rumah sekarang juga sudah mulai pintar. Mereka sudah tahu bagaimana trik penjualan di masa pandemi," ujarnya.

Terkait kegiatan Solutif sendiri, Soesilo mengatakan, ini merupakan agenda silaturahmi dan memberikan kesempatan belajar pelaku industri properti kepada para senior. 

Acara ini sudah digagas sejak 2020 dengan menghadirkan para mantan ketua dan tokoh DPD REI Jatim. Sebelumnya yang hadir ketika itu adalah Pak Sugiat, ketua DPD REI Jatim tahun 1990-1993. 

Sedangkan untuk kali ini adalah Sutoto Yakobus. Mantan Ketua DPD REI Jatim 2005-2008 sekaligus Senior Director Ciputra Group," imbuh Soesilo.

Sutoto Yakobus sendiri menyambut positif kegiatan DPD REI Jatim ini. Pada kesempatan tersebut Sutoto menyampaikan perjalanan karirnya di bidang properti serta pasang surut yang dihadapi selama menjalankan usahanya. Termasuk ilmu yang banyak ia terima dari Ciputra, pengusaha properti kenamaan yang sekaligus merupakan pendiri REI. 

"Memang selama pandemi ini properti agak berat.Tapi selalu ada peluang dalam setiap kesulitan," ujarnya

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut