get app
inews
Aa Read Next : Madura Ethnic Carnival Bakal Digelar Kembali, Catat Ini Tanggalnya

Pemkab Sumenep Targetkan Penggunaan Kendaraan Listrik Capai 20 Persen

Minggu, 31 Desember 2023 | 09:09 WIB
header img
Bupati Sumenep Achmad Fauzi keluar dari rumah dinas menggunakan sepeda listrik. Foto/Humas

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Fauzi mengatakan, bahwa pihaknya selalu mendukung langkah dari pemerintah pusat untuk mengembangkan energi berbasis ramah lingkungan. Langkah itu dilakukan untuk mendukung ketahanan energi dan mencegah pencemaran udara. 

Bahkan, Fauzi adalah kepala daerah pertama di Indonesia yang menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas. 

Ketika itu, Fauzi memamerkan mobil listrik Hyundai Ionic Elektrik. Mobil listrik yang merupakan mobil dinasnya tersebut dipakainya saat menghadiri undangan halal bihalal dengan Gubernur Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (11/5/2022).

Fauzi mengaku mobil jenis sedan berwarna hitam berplat nomor merah M 1 VP itu dipakainya sebagai mobil dinas beberapa bulan terakhir.

"Lumayan, tumpangannya tidak kalah dengan mobil lain. Insya Allah (saya yang pertama),” jelasnya.

Penggunaan mobil dan kendaraan listrik itu, kata Fauzi, bukti jajarannya sangat konsen dan mendukung kebijakan pemerintah terhadap energy ramah lingkungan.

“Ini sebagai bukti keseriusan pemkab mendukung ketahan energi ,efisiensi energi dan efisien pengeluaran individu dan menjaga pencemaran udara,” katanya, Sabtu (30/12/2023).

Kebijakan Bupati Fauzi itu rupanya mendapatkan sambutan positif dari warga Sumenep. Pada tahun 2023, jumlah penduduk yang menggunakan sepeda listrik semakin banyak. 

Seperti diketahui, berbagai langkah strategis untuk menjadikan Tanah Air sebagai pemain utama di industri kendaraan listrik, makin gencar dijalankan Pemerintah sepanjang 2023.

 Hal itu terbukti dari hadirnya sejumlah kebijakan yang dianggap mampu merangsang pasar dan industri. Salah satunya seperti diberlakukannya insentif pembelian untuk kendaraan listrik berbasis baterai (KBLBB) tertentu. .

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut