get app
inews
Aa Read Next : Libur Lebaran Perputaran Uang Rp157,3 Triliun Mengalir di Pulau Jawa, Bagaimana Dampaknya?

Pandalungan Express, Sang Raja Jalur Darat, Menyuguhkan Petualangan Panjang di Pulau Jawa

Minggu, 14 Januari 2024 | 10:49 WIB
header img
Kereta Pandalungan Express. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kereta api Pandalungan memiliki sejarah panjang. Sejarah istimewa yaitu melibatkan relasi Gambir–Jember dan telah meraih prestasi sebagai layanan kereta eksekutif dengan daya tempuh luar biasa. 

Melintasi jalur utara Jawa, melewati Semarang Tawang hingga Surabaya Pasar Turi, Pandalungan mengukir prestasi dengan jarak tempuh mencapai 919 km!

Data dari Wikipedia membuktikan bahwa kereta ini bukan sekadar sarana transportasi, melainkan ikon perjalanan seru dengan waktu tempuh rata-rata 14 jam 15 menit. 

Pandalungan Express menjadi pilihan utama bagi penumpang yang menginginkan pengalaman perjalanan tak terlupakan. Menyajikan kenyamanan kelas eksekutif sepanjang perjalanan, Pandalungan Express tidak hanya sebuah kereta, tapi petualangan melintasi keindahan lintas utara Jawa.

Dengan jarak tempuh 919 km melalui jalur utara Jawa dengan waktu tempuh rata-rata 14 jam 15 menit, kereta api ini merupakan kereta api antarkota dengan jarak tempuh terpanjang di Indonesia setelah kereta api Gajayana (jarak tempuh terjauh di jalur tengah Pulau Jawa). 

Rekor sebelumnya dipegang oleh kereta api Krakatau relasi Merak–Blitar pp dengan 965 km melalui jalur tengah Jawa sehingga menjadi kereta api satu-satunya yang pernah melintasi seluruh provinsi di Pulau Jawa.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut