get app
inews
Aa Read Next : Asrilia Kurniati Bakal Maju Pilwali Surabaya Jalur Independen, Ini Alasannya!

Polisi Air Wonosalam Impikan Capres 2024 Seperti Aquaman, Mau Jaga dan Lindungi Sungai Indonesia

Minggu, 14 Januari 2024 | 11:43 WIB
header img
Polisi Air Wonosalam bersama River Warrior membentangkan postes usai berdiskusi di tepi sungai Gogor Wonosalam, Minggu (14/1/2024). Foto/Istimewa

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Sebanyak 20 orang anggota Polisi Air Wonosalam bersama River Warrior berdiskusi di tepi sungai Gogor Wonosalam, Minggu (14/1/2024). Diskusi tersebut untuk meninventarisasi problem lingkungan di Wonosalam Jombang. 

Terdapat dua problem utama, yakni kerusakan hutan akibat penebangan yang berdampak pada surutnya mata air dan pembuangan sampah sembarangan, bahkan ditemukan banyak sampah plastik di sungai. Untuk itu, mereka berhara Capres 2024 bisa seperti Aquaman.

"Masih banyak penduduk di Wonosalam membuang sampah ke sungai, cletong (motoran sapi) juga Tanpa diolah langsung dibuang ke sungai," ungkap Gita.

Pelajar kelas 8 SMPN 1 Wonosalam ini berharap Presiden 2024 untuk melakukan pengolahan sampah agar penduduk tidak buang sampah ke sungai. 

Hal yang sama dikeluahkan oleh Ananda Diva Aulya, alumni SMPN 1 Wonosalam. Ia bilang, banyaknya sampah berkeliaran di sungai sungai akan menyebabkan sungai tersumbat. 

"Biasanya juga akan menyebabkan sungai tersebut banjir," ucapnya.

Untuk calon presiden 2024 nanti, Diva berharap akan lebih memperhatikan wilayah yang berair, seperti sungai, pantai, laut, dan lain lain. 

"Saya harap agar tidak ada sampah di sekitar sungai sejenisnya akan diberi peraturan peraturan yang ketat, diberi tempat sampah di sekitarnya agar pengunjung bila mau membuang sampah bisa ke tempatnya langsung," ungkapnya,

Sementara itu Gen Z Gresik dan Sidoarjo juga berkirim surat protes kepada 3 Capres 2024.

Isu krisis iklim dan kerusakan lingkungan terutama sampah plastik tidak mendapat porsi utama visi-misi Capres. Padahal banyak fakta kerusakan lingkungan sedang terjadi di Indonesia.

Di antaranya Indonesia penyumbang sampah plastik terbesar kedua kelautan Global, bahkan sampah plastik dari pulau Jawa ditemukan ngalir sampek ke Afrika. 

Kemudian sungai-sungai Indonesia tercemar mikroplastik, Indonesia menjadi negara dengan lonjakan emisi karbon tertinggi di Dunia, dan kepunahan ikan air tawar tercepat di Asia Tenggara, serta Jakarta menjadi kota paling tercemar udaranya di dunia.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut