get app
inews
Aa Read Next : KKP Genjot Investasi Sektor Perikanan Tuna, Potensi di Jawa Timur Sangat Besar!

Seragam Satpam Baru Tak Bisa Dipakai di Surabaya Tahun 2021, Ini Sejarahnya

Minggu, 06 Februari 2022 | 07:52 WIB
header img
Surabaya sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, satpam masih belum memakai seragam baru

SURABAYA, iNews.id - Seragam baru satuan pengamanan atau satpam telah diperkenalkan Mabes Polri. Namun, Satpam masih belum bisa memakai seragam kebanggan baru tersebut karena masih belum tersedia.

Di Surabaya sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, satpam masih belum memakai seragam baru. Mereka masih menunggu secara diberikan seragam dari pihak yang berwenang. Untuk itu, mereka masih memakai seragam lama yang dimiliki. “Seragam baru masih menunggu, kayaknya tahun depan,” kata Linda, Satpam di salah satu Ruko dan apartemen di Surabaya.

Ia mengaku, seragam baru ini tetap akan memacu dirinya untuk bekerja profesional, dan mengerjakan pekerjaan seprti standar operasional yang dimiliki. “Iya enjoy,” ucapnya.

Pergantian seragam ini tidak hanya sekali, mulai biru, coklat hingga krem, berikut sejarah pergantian seragama satpam yang bisa dsimak:

1. Putih Biru

Satpam dibentuk sejak 30 Desember 1980 oleh Jenderal Polisi Awaloedin Djamin. Sejak itulah diputuskan untuk menggunakan seragam dengan atasan putih dan celana biru tua.

Seragam ini digunakan saat bertugas di gedung perusahaan. Seragam putih biru tersebut digunakan sejak tahun 1980 hingga 2020.

2. Cokelat

Pada awal 2021, seragam putih biru tidak digunakan lagi. Seragam tersebut diganti menjadi berwarna cokelat.

Perubahan warna ini termaktub dalam Pasal 45 Peraturan Kapolri No 4 Tahun 2020. Seragam satpam pun berubah menjadi warna cokelat muda untuk atasan dan warna cokelat tua untuk bawahan.

Seragam yang digunakan satpam ini dinilai mirip dengan seragam polisi. Meskipun warnanya serupa, namun terdapat perbedaan pada lambang.

3. Krem

Belum lama digunakan, warna seragam satpam kembali mengalami perubahan di awal tahun ini. Dari warna cokelat menjadi krem.

Penggantian warna tersebut karena warna cokelat mirip dengan seragam yang digunakan polisi sehingga membingungkan masyarakat. Pergantian warna atasan ini tidak disertai dengan perubahan warna celana.

Seragam celana satpam tetap berwarna cokelat tua. Seragam baru ini diperkenalkan dalam upacara Peringatan HUT ke-41 Satpam yang digelar di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta, Rabu (2/2/2022).

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut