get app
inews
Aa Read Next : Catat! Ini Syarat Jadi Bakal Calon Bupati PDI Perjuangan Jombang 2024, Simak Batas Waktunya

Survei ARCI Jatim: Elektabilitas Partai Bersaing Ketat, Golkar-Gerindra Bayangi PKB-PDI Perjuangan

Sabtu, 10 Februari 2024 | 20:35 WIB
header img
Elektabilitas Partai di Jatim Bersaing Ketat. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Dominasi PKB dan PDI Perjuangan di Jawa Timur (Jatim) dibayang-bayangi dua partai ini, Yakni Partai Golkar dan Partai Gerindra. Hal itu tergambar dalam survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI).

Direktur ARCI Baihaki Sirajt menyebut Gerindra dan Golkar berpotensi menyalip PDI Perjuangan bahkan PKB di Jatim jika lengah di menit akhir. "Selisih antara 4 partai teratas di Jatim ini sangat tipis. Dan jika lengah di hari-hari akhir Pemilu, bisa jadi ada kejutan besar dua kekuatan partai tradisional di Jatim bisa dikalahkan oleh Gerindra atau bahkan Golkar," kata Baihaki saat paparan survei di Surabaya, Sabtu (10/2/2024).

Dalam survei ARCI di Jatim, elektabilitas PKB di angka 17,7% dan berada di peringkat teratas. Menguntit di peringkat kedua ada PDI Perjuangan (PDI Perjuangan) di angka 16,1%. Sementara Gerindra di posisi ketiga di angka 15,8%, dan Golkar 14,7% melengkapi 4 besar.

Baihaki membeberkan tren PKB di Jatim cenderung naik namun angkanya sangat kecil. Sementara PDI Perjuangan trennya justru terus menurun."PKB stagnan agak naik sedikit. Berbanding terbalik dengan PDI Perjuangan yang justru perlahan turun sedikit demi sedikit," ungkapnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut