get app
inews
Aa Read Next : KKP Genjot Investasi Sektor Perikanan Tuna, Potensi di Jawa Timur Sangat Besar!

Keren! Mahasiswa Bimbingan Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik Untag Surabaya Bisa Prediksi Cuaca

Jum'at, 23 Februari 2024 | 20:24 WIB
header img
Sosok mahasiswa Ahmad Atsnal Fikri, dari Program Studi Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya yang berhasil menciptakan program deteksi cuaca. Foto iNewsSurabaya/arif

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Inovasi dikalangan mahasiswa terus bermunculan. Salah satunya hasil kreativitas mahasiswa Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya yang mampu memprediksi kondisi cuaca dengan tingkat keakuratan hingga 70 persen. 

Sosok mahasiswa ini bernama Ahmad Atsnal Fikri, seorang mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya yang berhasil menciptakan inovasi baru melalui tugas akhirnya yang berjudul ‘Model Prediksi Cuaca dengan Analisis Time Series Menggunakan Algoritma Artificial Neural Network (ANN)’.

Atsnal Fikri, yang akrab disapa Fikri, mengungkapkan bahwa dalam proses penyusunan tugas akhirnya, ia mendapat dukungan dan arahan yang besar dari berbagai pihak, terutama dari dosen pembimbingnya, Supangat, M.Kom., P.hD., ITIL., COBIT., CLA. yang juga Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik Untag Surabaya

Dengan cuaca yang sering berubah-ubah, penggunaan algoritma ANN ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat untuk memperoleh prediksi cuaca yang lebih akurat.

“Tujuan utama saya dalam mengerjakan tugas akhir ini adalah untuk memberikan akses kepada masyarakat untuk melihat prediksi cuaca mendatang. Dengan kondisi cuaca yang dinamis, kehadiran program ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mempersiapkan diri menghadapi perubahan cuaca yang mungkin terjadi,” jelas Fikri.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut