get app
inews
Aa Read Next : Publik Pertanyakan Komitmen Pengesahan RUU Perampasan Aset, Ada Apa?

Dapil Neraka Jatim I DPR RI Mulai Terlihat Pemenangnya, Ada Puti Guntur Soekarno dan Arzeti

Senin, 26 Februari 2024 | 17:20 WIB
header img
Sosok yang lolos Dapil Neraka Jatim I DPR RI. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Proses penghitungan hasil Pemilu 2024 hingga kini terus berlangsung. Perebutan kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur (Jatim) I meliputi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo masih sangat ketat. 

Berdasarkan real count yang ditayangkan di laman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU), jumlah data yang masuk per 25 Februari 2024 pukul 10.30 WIB telah mencapai 64,09 persen. Telah ada data masuk sebanyak 8.802 dari 13.733 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di dapil tersebut. Dapil Jatim I kerap disebut sebagai “dapil neraka” karena para pesohor politik ternama bertarung dalam dapil ini.

“Dari pemilu ke pemilu, pertarungan di dapil Jatim I untuk kursi DPR RI memang sangat keras. Banyak tokoh politik ternama turun gunung di dapil ini, maka tidak mengherankan bila disebut sebagai dapil neraka,” ujar Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam, Senin (26/2/2024).

Di dapil Jatim I terdapat 10 kursi DPR RI yang diperebutkan. Surokim menyebut telah melakukan pemetaan proyeksi kursi berdasarkan data suara yang telah masuk dalam penghitungan riil alias real count KPU. Suara yang masuk itu kemudian dianalisis dan dihitung menggunakan metode Sainte Lague, metode yang resmi digunakan KPU dalam mengonversi jumlah suara ke kursi di parlemen. 

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk sementara telah meraih 128.810 suara gabungan dari suara partai dan semua caleg. Partai berlambang bola dunia dengan sembilan bintang melingkar tersebut diprediksi bisa mengamankan satu kursi, yang masih diperebutkan antara Arzeti Bilbina (31.292 suara) dan Syaikhul Islam (29.679 suara). 

“Arzeti dan Syaikhul sama-sama incumbent. Untuk sementara, selisihnya juga tipis. Cukup menarik untuk ditunggu hasil akhirnya,” ujar Surokim.

Adapun Partai Gerindra diprediksi menempatkan dua kadernya di kursi DPR RI, Partai berlambang burung Garuda itu mampu menggaet 224.550 suara. Dua kader Gerindra yang terbanyak meraup suara adalah Bambang Haryo Soekartono (84.816 suara) dan Dhani Ahmad Prasetyo (53.383 suara). 

Menarik melihat dinamika elektoral internal di Gerindra, karena besar kemungkinan Rahmat Muhajirin yang merupakan incumbent akan tertinggal dibanding Bambang Haryo dan Dhani. 

“Bambang Haryo cukup mendapat manfaat elektoral karena masih lekat ingatan publik sebagai calon dalam Pilkada Sidoarjo 2020, di samping memang Bambang Haryo cukup intens turun di masyarakat. Sedangkan Dhani merupakan public figure yang telah dikenal luas masyarakat,” jelas Surokim.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut