get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Umat Hindu Jatim Hadiri Perayaan Dharma Santi 2024 di Taman Candra Wilwatikta

SMA IPIEMS Surabaya Gelar Uji Lapangan Outing Class, Upaya Nyata Temukan Kreativitas-Inovasi Siswa

Kamis, 29 Februari 2024 | 06:39 WIB
header img
Siswa SMA IPIEMS Surabaya mengikutk Uji Laporan Outing Class Kelas XI SMA Tahun Ajaran 2023/2024. Foto iNewsSurabaya/arif

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - SMA IPIEMS Surabaya menggelar Uji Laporan Outing Class Kelas XI SMA Tahun Ajaran 2023/2024. Outing Class memiliki dampak positif bagi siswa dan sekolah, karena kegiatan tersebut bisa meningkatkan kreativitas siswa

Kepala SMA IPIEMS Surabaya, Sukariono S.Pd mengatakan, program Outing Class merupakan terobosan yang dilakukan sekolah. Dalam kegiatan ini, siswa SMA IPIEMS diminta untuk turun ke masyarakat membuat inovasi berupa produk, kemudian mereka membuat pelaporan hasil kreativitas yang dilakukan. 

"Inovasi yang dilakukan anak-anak berkaitan dengan lingkungan hingga ekonomi. Mereka kita bebaskan untuk eksplorasi, yang terpenting mereka harus membuat laporan hasil di lapangan. Mereka kita uji, ibaratnya seperti ujian skripsi," katanya. 


Guru SMA IPIEMS Surabaya menguji Laporan Outing Class Kelas XI SMA Tahun Ajaran 2023/2024. Foto iNewsSurabaya/arif

Laporan ini, lanjutnya, dibuat seperti jurnal dan dipresentasikan, siswa secara kelompok harus mampu mempertahankan alasannya. Jika tidak, mereka harus membuat ulang atau melakukan revisi hasil pelaporannya. 

"Ini menjadi persyaratan kenaikan kelas. Jadi kita tidak main-main, siswa harus mampu berkembang," ujarnya. 

Sukariono menyatakan, program Outing Class tidak hanya berhenti sebagai syarat kenaikan kelas. Namun, ia menegaskan akan memilih hasil yang bagus, mulai temuan lapangan hingga pelaporan. Hasil itu, nantinya akan diikutkan dalam lomba yang bersifat lokal maupun nasional. 

"Saya melihat potensi anak sangat luar biasa. Ada temuan-temuan menarik, itu kita siapkan untuk lomba," tegas dia. 

Yang berbeda dalam Outing Class ini, ungkap Sukariono, dalam pemaparan siswa, orang tua diminta datang untuk menyaksikan hasil temuan siswa. "Orang tua bisa menyaksikan langsung, sekolah disini sangat luar biasa. Bahkan kita juga mendapat pujian dari dosen Unesa yang sempat datang ke sini," beber dia. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut