get app
inews
Aa Read Next : Prospek Kinerja Kian Membaik, Fitch Kerek Rating Bank Mandiri Jadi BBB

Bank Mandiri Groundbreaking Mandiri Digital Services di IKN

Kamis, 29 Februari 2024 | 22:03 WIB
header img
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, beserta Jajaran Menteri, Regulator, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Otorita IKN, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Foto/Bank Mandiri

Bank Mandiri juga membawa tiga inovasi digital unggulan yakni Super App Livin’ by Mandiri, Wholesale Super Platform Kopra by Mandiri dan Smart Branch by Mandiri ke IKN untuk mempermudah kebutuhan finansial masyarakat. 

Sebabnya, Livin’ by Mandiri yang menghadirkan solusi finansial nasabah ritel ini telah mencatat lebih dari 18.000 transaksi per detik dan Kopra by Mandiri untuk nasabah wholesale kini mampu memproses lebih dari Rp 1.900 triliun transaksi per detik hingga akhir 2023. 

“Hal ini juga menjadi nilai tambah bagi masyarakat, dengan kehadiran Livin’ dan Kopra by Mandiri, masyarakat maupun nasabah kini dapat membuka rekening Tabungan, Giro, Deposito, dan melakukan transaksi finansial non tunai untuk individu atau Badan Usaha, kapan saja dan di mana saja,” ungkapnya. 

Darmawan juga menambahkan, Mandiri Digital Services akan dibangun di atas lahan seluas 1,28 Hektar, tempat ini akan menjadi pelopor one-stop-financial solution di IKN dengan memberikan pelayanan terbaik secara digital dan offline, yang didukung oleh kehadiran Smart Branch by Mandiri, fasilitas Smart Priority Lounge, Co-working Space hingga SPKLU untuk kendaraan ramah lingkungan guna mendukung segala aktivitas masyarakat di IKN.

Khusus pada fasilitas Smart Branch by Mandiri, nasabah pun dapat menggunakan fitur e-Reservation untuk membuat janji kunjungan. 

Bank Mandiri juga menyediakan solusi pengelolaan uang tunai baik penjemputan maupun pengantaran, dalam layanan Mandiri LAJU (Layanan Antar Jemput Uang) yang saat ini sudah diakses secara mudah melalui Kopra by Mandiri.

“Layanan offline yang kami sediakan tidak hanya terbatas pada Mandiri Digital Services, tetapi juga ada layanan extension lainnya yang kami namakan sebagai Point of Service, yang akan tersebar di beberapa lokasi di IKN, diantaranya saat ini yang sudah kami siapkan berupa Kantor Cabang kami di Sepaku dan Penajam Paser Utara, Livin’ Corner di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK), dan Agen Branchless Banking di sekitar wilayah IKN,” imbuhnya. 

Lebih lanjut, dalam mendukung visi IKN untuk menghadirkan pertumbuhan berkelanjutan, Bank Mandiri turut hadir untuk memberdayakan bisnis UMKM di IKN dan wilayah sekitarnya dengan menghadirkan Livin’ Merchant, sebagai sarana pembayaran dan pembukuan digital. Serta proses pengajuan kredit Mikro yang lebih mudah dan terdigitalisasi menggunakan Agent Banking System (ABS).

“Dalam proses pembangunan ini kami berkomitmen untuk mendukung industri dalam negeri dalam bentuk, penggunaan material dalam Negeri untuk mendukung rencana pemerintah dalam peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan menggunakan material yang ramah lingkungan agar sejalan dengan Delapan Prinsip Ibu Kota Negara,” pungkas Darmawan.

Sebagai informasi, sebelumnya Bank Mandiri juga telah menandatangani nota kesepahaman layanan jasa perbankan dan perjanjian kerja sama penerbitan kartu kredit Pemerintah dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) pada pertengahan 2023 lalu. 

Kerjasama ini merupakan upaya untuk mempermudah transaksi keuangan, tidak hanya untuk masyarakat ritel namun untuk Lembaga. 

Nota kesepahaman yang ditandatangani merupakan landasan awal untuk penyusunan perjanjian kerja sama lebih lanjut yang di antaranya kerja sama Pembayaran Payroll, kerja sama Penerbitan Kartu Kredit Pemerintah, dan kerja sama e-Money Co-branding sebagai Kartu Identitas Pegawai OIKN.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut