get app
inews
Aa Read Next : Wasit Duel Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 Batasi Media Sosial, Ini Alasannya Sebut Netizen

Jelang Wisuda, UT Surabaya Gelar Seminar Terbuka Santun dalam Bermedia Sosial

Selasa, 05 Maret 2024 | 14:40 WIB
header img
Prof. Dr. (H.C.) Dahlan Iskan ketika menjadi pembicara dalam seminar terbuka UT Surabaya secara daring, Selasa (05/3/2024). Foto/Tangkapan Layar UT TV

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Universitas Terbuka Surabaya atau UT Surabaya menggelar seminar terbuka secara daring, Selasa (05/3/2024). Kegiatan seminar terbuka untuk umum yang dilaksanakan jelang prosesi wisuda ini guna membekali calon wisudawan yang nantinya berkiprah di tengah-tengah masyarakat.

Sesuai jadwal, prosesi wisudawa UT Surabaya akan dilaksanakan pada Kamis, 07 Maret 2024. Direktur UT Surabaya Dr. Suparti, M.Pd mengatakan, prosesi wisuda UT Surabaya merupakan kegiatan rutin yang serangkai dengan kegiatan seminar. 

Kegiatan tersebut diselenggarakan setiap semester yang diikuti oleh mahasiswa, yang karena sesuatu hal tidak dapat mengikuti wisuda di UT Pusat. Seminar diikuti oleh para wisudawan sejumlah 1.572 peserta.

Selain para wisudawan, seminar juga diikuti oleh para Tutor UT Surabaya dari berbagai perguruan tinggi, baik Negeri maupun Swasta di Jawa Timur sejumlah 500 peserta, melalui zoom dan UT TV. 

Pada periode ini, seminar mengusung tema 'Membangun Budaya Santun dalam Bermedia Sosial untuk Menjaga Keutuhan Bangsa'. 

"Tema ini dipilih sebagai bentuk tanggung jawab perguruan tinggi untuk menyediakan kurikulum yang mencakup pendidikan tentang etika berinternet," kata Suparti.

Ia menegaskan, sebagai perguruan tinggi, UT Surabaya memiliki komitmen yang tinggi untuk menjaga keutuhan bangsa di tengah fenomena tingkat keberadaban (civility) netizen Indonesia.

Suparti menyebut, edukasi terkait dengan perilaku bermedia sosial bagi netizen Indonesia masih sangat rendah, termasuk risiko terjadinya penyebarluasan berita bohong atau hoaks.

Sehingga di era digitalisasi ini marak muncul fenomena seperti ujaran kebencian atau hate speech, diskriminasi, misogini, cyberbullying, trolling atau tindakan sengaja untuk memancing kemarahan, micro-aggression atau tindakan pelecehan terhadap kelompok marginal (kelompok etnis atau agama tertentu, perempuan, dan lainnya). 

Untuk itu, dalam seminar kali ini UT Surabaya menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya. Yakni Prof. Dr. (H.C.) Dahlan Iskan. Pengusaha di bidang media ini membawakan topik 'Strategi Membangun Budaya Santun dalam Bermedia Sosial untuk Menjaga Keutuhan Bangsa'. 

Kemudian Prof. Dr. Maximus Gorky Sembiring, M.Sc. Guru Besar Universitas Terbuka ini menyajikan topik 'Peran Perguruan Tinggi Membangun Budaya Santun dalam Bermedia Sosial untuk Menjaga Keutuhan Bangsa'. 

UT Surabaya berharap, lulusan periode 2023/2024 ini bisa beradaptasi dan bijak dalam bermedia sosial.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut