get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Pembelajaran Project Based Learning Bisa Tingkatkan Kreativitas Siswa SMK Ketintang untuk Pemasaran

Rabu, 06 Maret 2024 | 20:00 WIB
header img
Proses Pembelajaran Project Based Learning Bisa meningkatkan Kreativitas Siswa SMK Ketintang untuk Pemasaran. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - High Order Thinking Skills (HOTS) merupakan kemampuan atau keterampilan berpikir tingkat tinggi. Pemerintah mengharapkan para peserta didik mencapai berbagai kompetensi dengan penerapan HOTS. 

Kompetensi tersebut yaitu berpikir kritis (criticial thinking), kreatif dan inovasi (creative and innovative), kemampuan berkomunikasi (communication skill), kemampuan bekerja sama (collaboration) dan kepercayaan diri (confidence). Lima hal yang disampaikan pemerintah yang menjadi target karakter peserta didik itu melekat pada sistem evaluasi kita dalam ujian nasional dan merupakan kecakapan abad 21.

Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia, telah mendorong banyak pihak melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan pada SMK agar benar-benar menghasilkan lulusan yang berkualitas seperti yang diharapkan. 

Salah satu model pembelajaran dalam merdeka yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan memecahkan masalah adalah model pembelajaran project based learning (PjBL) atau model pembelajaran berbasis proyek. Kerja proyek membuat tugas yang kompleks berdasarkan pada permasalahan yang sangat menantang, dan menuntut siswa untuk merancang, memecahkan masalah dan membuat keputusan (Thomas, 2000,). 

Model pembelajaran berbasis proyek dapat menjembatani siswa untuk dapat mengembangkan kreativitas melalui kegiatan pemecahan masalah berbasis proyek. Pembelajaran berbasis proyek dapat membiasakan siswa untuk melakukan metode ilmiah yang secara langsung memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan proses sainsnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut