Sebagai seorang pendidik, kita seringkali menghadapi peserta didik yang memiliki tingkat motivasi, kreatifitas, keaktifan belajar yang rendah. Mereka mungkin merasa sulit termotivasi dalam proses pembelajaran, hal ini biasa mempengaruhi hasil akademis dan perkembangan pribadi mereka. Namun sebagai pendidik tidak boleh menyerah dan tetap harus berusaha untuk menginspirasi peserta didik dalam berkreatifitas.
Proses Pembelajaran Project Based Learning Bisa meningkatkan Kreativitas Siswa SMK Ketintang untuk Pemasaran. Foto iNewsSurabaya/ist
Setelah melaksanakan pembelajaran dengan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) membuat poster promosi dari melalui canva, penulis menemukan bahwa proses dan hasil belajar peserta didik meningkat dan lebih bagus dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Praktik pembelajaran yang berhasil baik ini, penulis simpulkan sebagai sebuah best practice dengan judul Model Pembelajaran Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kreatif Peserta Didik Kelas X BD,".
Penulis :
Inggil Taufiq Hidayat, S.E
Guru SMK Ketintang Surabaya
Editor : Arif Ardliyanto