get app
inews
Aa Read Next : Ini Aturan Terbaru Saat Mencoblos, Bolehkah Selfie Saat Nyoblos di TPS Pemilu 2024?

Jadi Jawara New Comer Senator Perempuan Nasional, Cantiknya Ning Lia Bikin Baper

Senin, 11 Maret 2024 | 13:51 WIB
header img
Dr. Lia Istifhama, dalam salah satu kegiatan Perempuan Tani HKTI Jatim. Foto/Istimewa.

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pemilu 2024 ini memunculkan banyak kejutan. Kejutan terjadi tidak hanya pada coblosan pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden serta dewan perwakilan rakyat (DPR), tapi juga pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Jika di Jawa Barat ada nama Alfiansyah Bustami Komeng sebagai pendatang baru calon senator RI, yang langsung menghentak dengan perolehan suara terbanyak, di Jawa Timur ada nama Lia Istifhama sebagai kandidat kuat penghuni Senayan sebagai anggota DPD RI dengan perolehan suara terbanyak ketiga, setelah dua petahana Ahmad Nawardi dan AA La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Ning Lia, sapaan akrab Lia Istifhama, menggebrak dengan memperoleh total suara 2.732.725. Jumlah ini, menempatkannya sebagai newcomer DPD RI urutan ketiga setelah Komeng dan Taj Yasin Maimoen dari Jawa Tengah dengan perolehan sebanyak 3.232.651 dan 3.190.447 suara.

Dengan perolehan suara mencapai 2,7 juta lebih itu, menempatkan Ning Lia sebagai calon senator pendatang baru nomor wahid dari kalangan perempuan. Ia Jawara New Comer Senator Perempuan Nasional.

Untuk senator perempuan, Ning Lia berada diposisi kedua setelah Casytha Arriwi Kathmandu dari daerah pemilihan Jawa Tengah yang memperoleh suara 2.955.663. Putri politikus senior PDI Perjuangan Bambang Pacul itu merupakan senator petahana.

"Insya Allah, saya akan menjaga dan menjalankan amanah dari masyarakat Jawa Timur ini," kata Ning Lia, dalam keterangannya, Senin (11/3/2024).

Ning Lia dikenal dengan sosoknya yang cantik dan anggun yang sering membuat kaum pria baper. Ia pernah dinobatkan menjadi Putri NU 2005. Keberhasilan Ning Lia ini tak datang tiba-tiba.

Tapi melalui perjalanan panjang dan perjuangan keras. Dia tak mengandalkan nama besar keluarganya sebagai jualan utamanya. Tapi membawa sejumlah program dari organisasi yang diikutinya.

Ning Lia merupakan putri komandan Banser sekaligus tokoh Nahdliyin KH Masykur Hasyim dan Hj Aisyah. Dia juga keponakan Gubernur Jatim periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa. Dua nama ini yang menjadi panutannya hingga memantapkan diri terjun ke dunia politik.

Sebelum mendaftar sebagai calon DPD RI, Ning Lia sebelumnya aktif sebagai Ketua DPD Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jatim sejak 2019. Ning Lia juga menjabat Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim sejak 2020 dan Ketua Yayasan Universitas Taruna Surabaya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut