get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Inovasi Pelayanan, Surabaya Ingin Jadi Compact City, Pelayanan Lebih untuk Masyarakat

Selasa, 12 Maret 2024 | 17:09 WIB
header img
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kota Surabaya, Irvan Wahyudradjat. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tidak kenal lelah dalam memberikan yang terbaik bagi warganya. Sekarang, akses ke layanan kesehatan, administrasi, perpustakaan, hingga konseling semakin mudah dengan hadirnya fasilitas di setiap sudut kota, mulai dari kelurahan hingga Mal Pelayanan Publik (MPP).

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kota Surabaya, Irvan Wahyudradjat, ini adalah langkah strategis untuk menjadikan Surabaya sebagai Compact City. Rencananya, konsep ini akan diwujudkan di Surabaya Barat oleh Wali Kota Eri Cahyadi.

"Compact city adalah konsep yang mengutamakan kemudahan akses bagi warga dalam segala hal, mulai dari sembako hingga fasilitas olahraga, semuanya tersedia di dekat mereka tanpa harus berpanjang-panjang perjalanan," jelas Irvan pada Selasa (12/3/2024).

Dengan pendekatan yang humanis, efektif, efisien, berakhlak, akuntabel, dan transparan, atau yang lebih dikenal sebagai konsep "Hebat" oleh Wali Kota Eri Cahyadi, Surabaya siap menyambut perubahan positif yang akan membawa kenyamanan bagi semua warganya.

Ia mengatakan, kunci untuk menjadi kota yang efisien atau Surabaya Hebat adalah, apabila jarak dan biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat itu minimalis. Misalkan, ketika ada warga yang ingin menikmati fasilitas ruang terbuka hijau (RTH) seperti taman, atau fasilitas kesehatan puskesmas, itu hanya ditempuh dengan jarak singkat atau biaya yang minimal. 

“Jadi, rumah sakit di dekatkan, seperti halnya RSUD Surabaya Timur. Puskesmas diratakan (fasilitasnya), sekolah SD-SMP juga diratakan, fasilitas olahraga diratakan, seperti lapangan tenis, futsal, dan lain sebagainya,” katanya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut