get app
inews
Aa Read Next : Nelayan Sambut Gembira Program Penghapusan Kredit Macet Ganjar

Tim SAR Gabungan Cari Korban Perahu Terbalik di Perairan Pamekasan

Sabtu, 16 Maret 2024 | 14:57 WIB
header img
Pada pencarian hari ketiga ini, Sabtu (16/3/2024), sebanyak dua SRU air dikerahkan untuk mencari keberadaan korban di laut. Foto/Basarnas Surabaya

PAMEKASAN, iNewsSurabaya.id - Tim SAR gabungan kembali melakukan pencarian H Alwi (60) korban terakhir dari kejadian terbaliknya perahu nelayan di perairan laut utara desa Tamberu, kabupaten Pamekasan. 

Pada pencarian hari ketiga ini, Sabtu (16/3/2024), sebanyak dua SRU air dikerahkan untuk mencari keberadaan korban di laut.

Kasi Operasi dan Siaga Kantor SAR Surabaya, Mahmud Afandi, mengatakan kedua SRU air ini bergerak dengan dukungan sarana SAR, berupa 3 set perahu karet dan sejumlah peralatan pendukung lainnya.

Mahmud menjelaskan, SRU air pertama melakukan pencarian di area pertama dengan luas sekitar 8,13 mil laut. SRU air kedua melakukan pencarian di area kedua dengan luas sekitar 8,09 mil laut. 

"Area pencarian ini ditetapkan berdasarkan bantuan aplikasi SAR Map," terangnya.

Dalam pencarian di laut ini, SRU air menyebarluaskan informasi kejadian hilangnya korban kepada para nelayan yang melaut di sekitar area pencarian. Harapannya jika menemukan tanda-tanda keberadaan korban, maka segera melaporkannya kepada tim SAR gabungan.

Pada saat yang bersamaan, SRU darat melakukan pemantauan di beberapa titik di sepanjang pesisir pantai di desa Tamberu. Penyebarluasan informasi juga dilakukan SRU darat agar warga sekitar melaporkan jika menemukan tanda-tanda keberadaan korban yang dicari.

Pada hari kedua pencarian, Jumat (15/3/2024), tim SAR gabungan telah menemukan korban pertama atas nama Abduh (50). Ia ditemukan sudah dalam kondisi meninggal di lokasi yang berjarak sekitar 20 mil laut dari lokasi kejadian.

Adapun kronologi kejadian nahas yang dialami kedua korban ini, menurut keterangan pelapor, berawal saat keduanya dan tiga orang nelayan lainnya, yaitu Hasin (47) selaku pemilik perahu, Mat Saleh (65) dan Ian (50), dalam pelayaran kembali ke dermaga setelah melaut, pada Rabu (13//3/2024).

Saat hendak mencapai pantai, sekitar pukul 22.30 WIB, ombak besar menghantam perahu yang mereka naiki hingga terbalik. Kelima nelayan itupun terjatuh ke laut. 

Hasin, Mat Saleh dan Ian berhasil menyelamatkan diri dengan berenang ke pantai. Namun nahas, Abduh dan H Alwi hilang terbawa ombak besar.

Sejumlah pihak ikut terlibat dalam upaya pencarian korban ini, diantaranya tim Unit Siaga SAR Sumenep yang dikerahkan Kantor SAR Surabaya, Satpolairud Polres Pamekasan, BPBD Pamekasan, Polsek dan Koramil Batumarmar, TAGANA, FRPB, nelayan sekitar dan potensi SAR lainnya.

“Sejauh ini, angin kencang dan ombak besar menjadi kendala besar bagi tim SAR gabungan dalam melakukan upaya pencarian korban,” jelas Mahmud.

Sementara itu hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih berupaya mencari keberadaan korban di perairan Tamberu Pamekasan.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut